Antisipasi Musibah Transportasi Air di Kaltim, Gubernur Minta Dishub Melakukan Evaluasi

SAMARINDA – Dalam upaya mengantisipasi sekaligus meminimalisir terjadinya musibah terhadap transportasi massal di perairan Kaltim. Gubernur Dr H Awang Faroek Ishak meminta instansi terkait untuk melakukan evaluasi secara ketat terhadap sarana transportasi bagi kegiatan angkutan massal tersebut. “Kita prihatin kecelakaan transportasi air di beberapa daerah hingga korban jiwa dan musibah itu tidak boleh terjadi di Kaltim,” katanya, Rabu (4/7).

Karenanya, Awang meminta instansi berwenang baik Dinas perhubungan maupun instansi terkait lainnya mengevaluasi fasilitas moda transportasi laut, sungai dan penyeberangan. Evaluasi lanjut gubernur, khususnya terkait fasilitas keamanan seperti pelampung (skoci) dan life jacket maupun kelayakan mesin dan kondisi kapal.

Diharapkan, Dishub bersama instansi terkait secara tegas mengevaluasi moda transportasi air dan para pengusaha selaku pemilik bisa bekerjasama untuk keselamatan masyarakat. Secara aturan sudah jelas apa saja yang menjadi prosedur bagi perusahaan yang bergerak di transportasi air agar terjamin keamanan dan keselamatan pengguna jasa moda transportasi itu. “Semua perusahaan-perusahaan yang bergerak ditransportasi air harus mentaati aturan yang berlaku demi keselamatan dan keamanan masyarakat,” harapnya.

Dia menambahkan pemerintah sudah mengeluarkan aturan dan nantinya ditindaklanjuti surat edaran gubernur guna mengimbau penguasaha transportasi air untuk mentaatinya. “Kita akan buatkan instruksi gubernur tindaklanjut instruksi presiden terkait keamanan moda transportasi laut, sungai dan penyeberangan agar kecelakaan bisa dihindarkan,” ujarnya.

Awang berharap Dishub bersama instansi terkait intensif melakukan pengawasan dan penerbitan surat ijin berlayar bagi perusahaan pelayaran dalam maupun luar pulau. “Dishub bisa intensif sidak guna mendisiplinkan pengusaha moda transportasi air agar mematuhi aturan dan meperhatikan standard operasi prosedur,” tegasnya.(yans/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation