Antisipasi Penyebaran Covid 19, Museum Tenggarong Ditutup Sementara

Foto : Ist

SAMARINDA - Museum Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur, biasa dikenal Museum Tenggarong untuk saat ini tutup sementara terhitung sejak Selasa 17 Maret 2020 hingga Selasa 31 Maret 2020.

 

"Museum kami tutup sementara sejak Selasa kemarin. Kita tidak melayani kunjungan hingga akhir Maret ini," kata Kepala UPTD Museum Mulawarman Tenggarong Provinsi Kaltim Joko Rukmono, Jumat (20/3/2020).

 

Keputusan ini diambil menurut Joko, berdasarkan Surat Edaran Gubernur Kaltim nomor 440/1871/0213-II/B.Kesra tentang Tindak Lanjut terkait Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

 

Atas kebijakan ini lanjutnya, pihak museum mengharapkan pemahaman masyarakat. Selain, untuk keamanan dan penyamanan masyarakat juga mendukung upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran virus corona. 

 

Museum ungkapknya, merupakan salah satu objek dan tujuan wisata masyarakat. Tentu akan terjadi interaksi bahkan tidak menutup kemungkinan ada kontak tubuh antar pengunjung museum.

 

"Penutupan sementara kunjungan ke museum. Kita ingin menghindarkan ada interaksi dan kontak tubuh antar orang yang dikhawatirkan menjadi media penyebaran virus corona. Sehingga kami berupaya mencegah hal itu," bebernya.

 

Rencananya ujar Joko, museum yang berada dibawah binaan Pemprov Kaltim kerjasama Pemkab Kutai Kartanegara, Kesultanan Kutai Kartanegara dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini kembali melayani dan dibuka untuk umum pada awal April atau per 1 April mendatang.

 

Namun demikian ungkapnya, pihak museum tetap memperhatikan kondisi di masyarakat dan kebijakan pembatasan yang masih diberlakukan pemerintah terkait antisipasi penyebaran Covid 19 di Kaltim.

 

"Tapi kita akan melihat kondisi riilnya, apakah memang memungkinkan dibuka pada April depan. Bisa saja kalau keadaan belum membaik, maka masa penutupan meseum ditambah hingga kondisi benar-benar aman," pungkas Joko.

 

Ditambahkannya, guna mengantisipasi dan sterilisasi kawasan museum, telah dilakukan penyemprotan disinfektan oleh jajaran Kodim 0906 Tenggarong pada Selasa 17 Maret 2020.

 

"Kami berterimakasih atas kepedulian semua pihak, khususnya jajaran Kodim Tenggarong yang telah melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan museum," ucap Joko. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait