Anwar Chananie Tutup Usia, Gubernur Melayat


 

SAMARINDA - Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un. Provinsi Kaltim kembali berduka. Putra terbaik Kaltim meninggal dunia. Sebelumnya Dr H Achmad Amins meninggal dunia pada 9 Januari 2017. Kaltim kembali berduka pada Minggu, 22 Januari 2017, pukul 10.15 Wita sesepuh Kaltim yang merupakan salah satu pendiri Universitas Mulawarman, mantan Ketua Bappeda Kaltim, Ketua KPMKT dan Ketua Mada Legiun Veteran RI H Anwar Chananie meninggal dunia di RSUD Abdul Wahab Syahrani Samarinda pada usia 90 tahun.

Almarhum disemayamkan di rumah duka di Jalan Kadrie Oening Samarinda. Kemudian dishalatkan di Masjid Al Fatah, Jalan Kadrie Oening Samarinda dan dimakamkan di Taman Bahagia Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Samarinda.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika melayat ke rumah duka mengatakan, almarhum merupakan salah satu putra dan tokoh terbaik yang dimiliki Kaltim. Banyak jasa-jasa almarhum yang tidak bisa dilupakan rakyat Kaltim.

Contohnya, almarhum sejak periode Gubernur APT Pranoto hingga periode HM Ardans yang mendirikan kursus dinas bagian C atau dikenal KDC untuk calon-calon pamong praja.

"Beliau juga yang mendirikan APDN di Kaltim. Bahkan lulusan APDN sudah ribuan. Sehingga wajar beliau merupakan tokoh yang patut diteladani," kata Awang Faroek Ishak.

Awang mengatakan, ketika almarhum menjabat Ketua Bappeda, sejak saat itulah Pemprov Kaltim memiliki pola perencanaan pembangunan daerah hingga jangka lima tahunan. Karena itu, almarhum termasuk tokoh pembangunan di Kaltim.

"Sejak almarhum menjabat sebagai Ketua Bappeda, kita mempunyai rencana pembangunan yang baik. Semoga amal perbuatan almarhum diterima Allah SWT," jelasnya.

Tampak hadir di rumah duka, Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi dan jajaran Kepala SKPD Pemprov Kaltim, Mantan Wagub Kaltim H Farid Wadjdy, Walikota dan Wawali Samarinda Syaharie Jaang dan Nusyirwan Ismail serta para tokoh masyarakat dan agama di Kaltim. (jay/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation