Aparatur Kemenag Harus Bangun Citra Institusi

Hari Amal Bhakti Kemenag ke 69 di Kaltim

SAMARINDA - Jajaran aparatur Kementerian Agama, khususnya Kantor Wilayah Kemenag Kaltim harus mampu membangun citra institusi menjadi lebih baik di masa datang. Apalagi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah menginstruksikan agar seluruh jajaran Kemenag di masing-masing wilayah untuk membangun citra yang lebih baik.

“Hal ini ditegaskan Menteri Agama, karena masih terdapat temuan-temuan yang membuat masyarakat tidak terlayani dengan baik, sehingga harus diperbaiki. Jika memang harus dipercepat, maka jangan diperlambat,” kata Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP usai memimpin upacara Hari Amal Bhakti Kemenag ke-69 di Halaman Kanwil Kemenag Kaltim Samarinda, Sabtu (3/1).

Menurut dia, apa yang ditegaskan Menteri Agama ketika Hari Amal Bhakti tahun ini sangat terbuka kepada masyarakat. Artinya, membangun citra Kementerian Agama bukan hanya dilakukan di tingkat pusat, tetapi harus dilakukan di masing-masing Kanwil Kemenag di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Drs HM Saifi Mpd mengatakan tahun ini Kemenag mencanangkan lima nilai budaya kerja yaitu, integritas, inovasi, tanggungjawab, profesionalisme dan keteladanan.

“Inilah yang menjadi motivasi perjuangan jajaran aparatur Kemenag, baik tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota di masa akan datang. Karena, seluruh Kanwil Kemenag mengacu pada nilai-nilai budaya tersebut,” jelasnya.

Menurut dia, lima nilai tersebut telah terintegrasi dengan program yang telah disusun di masing-masing Kanwil Kemenang. Diharapkan, dengan nilai budaya tersebut dapat meningkatkan inovasi kerja aparatur Kemenag di masa mendatang, termasuk tanggungjawab terhadap alokasi anggaran yang diberikan pemerintah terhadap lembaga ini.

Upacara Amal Bhakti Kemenag di Kaltim juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya bagi aparatur di lingkungan Kanwil Kemenag Kaltim.

Sementara itu sebelumnya, pada  Rabu (31/12/2014) dilakukan ziarah ke TMP Kesuma Bangsa yang diikuti Karyawan Kanwil Kemenag Prov Kaltim, Karyawan Kantor Kemenag Kota Samarinda, Guru dan Karyawan Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah Negeri se Kota Samarinda, serta Dosen, Karyawan dan Mahasiswa IAIN Samarinda.

Sebelum beranjak pulang, Kakanwil beserta jajarannya, berdoa bersama di pusara HM. Ardans SH Bin HM Sabran yang dipimpin Masdar Amin Kepala Kantor Kemenag Kota Samarinda. H.M. Ardans SH adalah mantan Gubernur Kaltim kelahiran Sanga-sanga yang wafat pada tahun 2002. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait