Aparatur Pemerintah Harus Berubah untuk Kemajuan

SAMARINDA – Indonesia masih dianggap  sebagai negara tertinggal dari negara-negara lain di dunia. Bahkan untuk negara sekawasan saja,  Indonesia telah tertinggal dari Jepang, China, Korea Selatan,  bahkan tertinggal dari Thailand dan Malaysia.
“Indonesia tidak bisa mengejar kemajuan negara lain bila aparatur pemerintah tidak  berubah menuju kemajuan. Perubahan ini akan diakomodir melalui Diklat baru yang mulai diberlakukan mulai  2014,” kata Kepala Badan Diklat Kaltim (Bandiklat) Kaltim, H Syafruddin Pernyata saat menutup  Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan VI, Selasa (26/11).
Dijelaskan, nantinya model dan waktu Diklat baru yang akan diterapkan oleh Pemerintah di 2014 adalah dengan keaktifan peserta. Tema yang dipilih adalah pencarian dan melahirkan pemimpin yang memiliki visi dalam perubahan.
Pola pembelajaran nantinya berupa diskusi dan keaktifan peserta. Ruangan akan ditata hanya 5-6 meja bundar yang berisi lima orang peserta dengan mengidentifikasi masalah untuk perubahan.
Kepada seluruh peserta yang lulus, Syafruddin berharap dapat terjadi perubahan kualitas dalam lingkungan kerja. Diharapkan pemimpin atau atasan dapat menempatkan para lulusan sesuai dengan pekerjaan tepat.
Selain itu, untuk menghadapi tantangan aparatur pemerintah di masa depan, ujar Syafruddin adalah bagaimana seseorang dapat menghadapi serta menyikapi perubahan tersebut.
“Perubahan terjadi setiap menit setiap detik.  Jika tidak cepat berubah maka aparatur pemerintah akan terus tertinggal. Salah  satu perubahan yang tidak dapat dihindari adalah penguasaan teknologi informasi,” ujarnya.
Dalam penutupan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan VI ini diikuti 49 orang berasal dari Pemprov Kaltim 10 orang, Balikpapan 13 orang, Kutai Kartanegara lima orang dan Penajam Paser Utara tiga orang.
Waktu pembelajaran adalah 49 hari termasuk orientasi lapangan ke Provinsi DI Jogyakarta dengan lokus ke Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) dan Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) DIY.(yul/hmsprov)

//Foto: Sejumlah peserta Diklatpim IV dan III yang mengakhiri kegiatan pelatihan. (yuliawan/humasprovkaltim)


 

Berita Terkait