APBN Dukung Pengembangan Perkebunan Berkelanjutan


 

SAMARINDA - Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim tahun anggaran 2017 memperoleh dukungan dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) bersumber dari Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian sebesar Rp4 miliar.

“Tahun ini kembali Disbun mendapat alokasi dana pembangunan perkebunan dari APBN sekitar Rp4 miliar,” sebut Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad, Rabu (18/1).

Menurut dia, dibandingkan tahun lalu maka alokasi dana mengalami penurunan karena adanya kebijakan mengenai pengalokasian anggaran.

Didampingi Kepala Bidang Pengembangan Komoditi Bambang Fajrul Fallah dan Kepala Bidang Usaha H Mohammad Yusuf dijelaskan Disbun telah menerima Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) dari Ditjenbun Kementan, awal tahun ini.

POK  tahun anggaran 2017 itu diperuntukkan bagi seluruh Satuan Kerja Perkebunan (SKP) baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota se-Indonesia.

“Diharapkan percepatan penyerapan anggaran kegiatan di tahun ini berjalan sesuai target yang telah ditetapkan,” harap Ujang.

Diuraikan, dana APBN itu terdiri dari dana dekonsentrasi (DK) sekitar Rp707 juta dan Tugas Pembantuan (TP) provinsi sebesar Rp3,39 miliar.

Dia menambahkan salah satu kegiatan yang mendominasi pada APBN yakni program peningkatan produksi komoditas perkebunan berkelanjutan. Berupa  kegiatan peremajaan tanaman tahunan komoditas karet 100 hektar dan intensifikasi tanaman lada 300 hektar di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait