Kalimantan Timur
Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Gubernur Isran: Rela Berkorban dan Bertanggung Jawab

foto:arief/humasprovkaltim

SAMARINDA - Menyambut detik-detik peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltim, Forkopimda Kota Samarinda dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Kaltim mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa, Selasa (17/8/2021) pukul 24.00 Wita. 

 

Apel kehormatan dan renungan suci ini dipimpin Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto selaku Inspektur Upacara, yang membacakan ikrar kepada para pahlawan terdiri dari TNI/Polri, veteran dan sipil yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. 

 

Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang disertai pemadaman listrik di TMP Kesuma Bangsa dan penyalaan lilin/obor sebagai alat penerangan. 

 

Gubernur Isran Noor didampingi Wagub Hadi Mulyadi menyampaikan apel kehormatan dan renungan suci ini menjadi momentum tepat untuk memaknai nilai-nilai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan di seluruh penjuru negeri. 

 

"Renungan suci di taman makam pahlawan ini maksud dan tujuannya adalah mengambil spirit kepahlawanan. Jadi yang namanya pahlawan itu harus rela berkorban, berani dan bertanggung jawab. Di masa mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Dalam konteks pandemi Covid-19 ini, kita harus berani mengambil keputusan, berani bertanggung jawab dan harus berani berkorban demi kepentingan masyarakat umum," ucapnya. 

 

Tampak hadir Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim Sutoyo, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo, Sekda Provinsi Kaltim HM Sa'bani dan Wali Kota Samarinda Andi Harun. (her/sul/humasprov kaltim).

Berita Terkait