Apel Siaga Satlinmas Pengamanan Pemilu 2019. Sa'bani Ungkapkan Linmas Garda Terdepan Pengamanan TPS


SAMARINDA - Dalam mendukung dan menyukseskan Pemilu Serentak Pilpres dan Pileg pada 17 April 2019. Maka semua pihak harus terlibat dan memahami peran serta tanggungjawabnya. Tidak terkecuali peran aktif Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai ujung tombak pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

"Petugas Linmas merupakan garda terdepan dalam menghadapi setiap ada gangguan di lingkungan masyarakat. Termasuk pengamanan di TPS," kata Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim HM Sa'bani, mewakili Gubernur Kaltim pada apel Siaga Satlinmas yang dilaksanakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kaltim di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (4/4/2019). 

Sa'bani mengatakan Satpol PP dan Satlinmas merupakan bagian terintegrasi dari aparat keamanan lainnya. Sehingga kedua lembaga aparatur keamanan ini memiliki peran penting dalam mengawal keberlangsungan demokrasi melalui pengamanan dan penertiban proses Pemilihan Umum 2019.

"Kita berharap Linmas tetap menciptakan kerjasama dengan instansi terkait. Serta selalu bersinergi dengan aparat penegak hukum baik sebelum maupun sesudah pemilu terselenggara," harapnya. 

Sa'bani juga mengintruksikan bupati dan walikota agar segera melakukan gelar pasukan penyerahan bawah kendali operasi (BKO) anggota Satlinmas ke Polri paling lambat 12 April 2019. Jumlah Satlinmas yang akan diserahkan sebanyak 21.706 personel untuk mengamankan 10.853 TPS. 

"Tugas dan tanggungjawab yang kita emban dalam menyukseskan Pemilu ini tidaklah ringan. Karena itu diperlukan kerjasama dan keterpaduan dengan berbagai pihak," tandasnya. 

Sa'bani menambahkan pada 17 April ini Pemerintah telah menjadikan hari pemungutan suara sebagai hari libur nasional. Untuk itu, atas nama Pemprov Kaltim mengajak semua lapisan masyarakat agar hadir menyumbangkan hak suaranya di TPS masing-masing. 

"Kami mengajak dan mengimbau masyarakat untuk hadir ke TPS pada 17 April ini. Bersama-sama menyalurkan hak suaranya," pesan Sa'bani.

Apel Siaga Satlinmas ditandai pemasangan secara simbolis tanda Satlinmas dalam pengamanan Pemilu 2019. Dan dihadiri Staf Ahli Gubernur Bidang Reformasi Birokrasi Setdaprov Kaltim HM Yadi Robyan Noor, Kepala Itwilprov Kaltim, pimpinan OPD dan Biro di lingkungan Pemprov Kaltim, TNI/Polri, Satpol PP Kaltim dan Samarinda, Linmas, mahasiswa PIN S1 Unmul, Tagana, Damkar. (mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation