Kalimantan Timur
Aplikasi TEPRA ‘Secepat Mobil’

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H  Isran Noor resmi melaunching Aplikasi TEPRA Secepat Mobil (Sistem Informasi Cepat untuk Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran  Berbasis Mobile APP (Smarphone). Yaitu sebuah terobosan  dan inovasi  yang dilakukan Pemprov Kaltim dalam upaya mewujudkan percepatan realisasi anggaran  di Provinsi Kaltim.

 

Isran Noor mengatakan Aplikasi Secepat Mobil ini adalah sebuah aplikasi yang dapat  mempercepat dan mempermudah untuk mengetahui perkembangan dan data bagaimana serapan atau pelaksanaan program proyek yang ada di Provinsi Kaltim secara lokal.   


“Kita harapkan dengan diresmikannya  Aplikasi TEPPRA  Secepat Mobil ini, dapat membantu kita semua termasuk  para pimpinan OPD atau lembaga di lingkungan Pemprov Kaltim dalam mewujudkan percepatan reaslisasi anggaran,” kata Isran Noor, di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Kamis  (5/11).

 

Kepala Bappeda Provinsi Kaltim Prof. Dr. Ir. H. Aswin, MM  yang  juga sebagai Ketua TEPRA Kaltim mengatakan  Aplikasi TEPRA Secepat Mobil merupakan sebuah bentuk transparansi  digital dalam optimalisasi pelaksanaan  tender di provinsi Kaltim.


“Aplikasi ini memudahkan kita untuk mengetahui sejauh mana penyerapan anggran. Khusus kepala dinas, kita bisa membandingkan apakah kita sudah di atas rata-rata Nasional ataukah masih di bawah rata-rata Nasional, atau di atas rata-rata Provinsi atau sebaliknya,” tandas  HM Aswin.


Aswin menambahkan, Aplikasi ini merupakan upaya dalam rangka pengembangan inovasi perkembangan dari TEPRA terbaru berbasis ponsel pintar.  Aplikasi secepat mobil tersebut dibuat untuk mendukung dan mensukseskan program Pemprov Kaltim, terutama untuk mengetahui penyerapan anggaran masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


“Tujuan aplikasi ini dibuat untuk mengetahui tersedianya data realisasi APBD. Diharapkan dalam jangka panjang Aplikasi TEPRA Secepat Mobil ini  dapat menyediakan data dan informasi pelaksanaan APBD Kabupaten/Kota se-Kaltim,“ kata Aswin. (mar/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait