Kalimantan Timur
Apresiasi untuk Pelaku Pendidikan, Pemprov akan Gelar Ajang Education Award


SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan penghargaan bagi pelaku di bidang pendidikan melalui ajang Education Award.   

"Kami punya agenda besar bagi guru-guru, yakni Education Award. Ini juga diberikan kepada pelajar yang dinilai memiliki prestasi dan keunggulan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Anwar Sanusi usai pembukaan Lomba Ceramah Agama Jenjang SMA/SMK se-Kaltim di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, Senin (15/6/2020). 

Ajang Education Award, lanjut Anwar Sanusi, berlatar peringatan Hari Guru (29 November) sebagai momen penting bagi orang-orang yang terlibat dalam dunia pendidikan dan telah mampu menunjukkan dedikasi mereka.

Kalau sebelumnya, ungkap Anwar Sanusi, Pemprov Kaltim memberikan apresiasi kepada guru dan siswa berprestasi melalui ajang Malam Anugerah. Maka, khusus ajang Education Award lebih besar cakupan penghargaannya dan para penerimanya. 

Selama ini penerima penghargaan, menurut dia, sesuai kewenangan Pemprov Kaltim adalah jenjang SMA/SMK dan sederajatnya. Namun, melalui ajang Education Award, apresiasi akan diberikan kepada siapa saja yang memang layak dari berbagai jenjang pendidikan. 

"Penerima penghargaan guru-guru dan murid-murid berprestasi. Bisa saja segala jenjang, dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama yang berprestasi nasional bahkan internasional," jelasnya. 

Selain itu, kategori penilaian untuk penghargaan Education Award tidak hanya bidang akademik. Tetapi, bidang-bidang lainnya melingkupi dunia pendidikan, seperti bidang olahraga, seni dan budaya maupun keagamaan.

"Pak Wagub (Hadi Mulyadi) ingin semua guru. Baik dari taman kanak-kanak (TK) sampai jenjang SMA/SMK. Pokoknya guru, sebab ini penghargaan bagi mereka. Juga, murid yang berprestasi," ungkap Anwar Sanusi. 

Ajang Education Award, tambahnya, salah satu bentuk kepedulian dan perhatian, sekaligus apresiasi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim untuk pelaku serta penggiat dunia pendidikan. (yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait