Arif Pastikan Kaltim Miliki KEK Pariwisata, Minta Wagub Koordinasikan Kemudahan Perijinan

Menpar Arif Yahya (Tengah) Wakil Ketua Komisi X DPRRI Hetifah Saefudian (kiri) Wagub Kaltim Hadi Mulyadi (Kanan) (rian/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arif Yahya menyatakan dukungannya untuk Kaltim. Terutama pengembangan kepariwisataan untuk mewujudkan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata. "Silahkan Pak Wagub (Wagub Kaltim Hadi Mulyadi) buatlah Bali Baru ke-11 di Kaltim," katanya saat menghadiri Millenial Gathering 2019 di Ballroom Swissbell Hotel Samarinda, Sabtu (30/3/2019).

Menurut Arif, cara paling cepat untuk pengembangan pariwisata adalah memiliki KEK Pariwisata dan Kaltim potensial untuk itu. Arif mengakui pihaknya melalui tim teknis Kemenpar sudah turun ke Benua Etam. Bahkan sudah melakukan pertemuan dan koordinasi intensif.

"Salah satu calonnya sudah ada. Salah satu destinasi utama di Kaltim yang sudah diusulkan," ujar Arif dengan penuh antusias.

Namun sayang, Menpar masih merahasiakan lokasi KEK dan hanya tertawa ria saat disebut Kabupaten Berau oleh awak media. "Gini ini enaknya sama media. Kamu tulis aja sendiri. Tapi kalau Pak Wagub rela tidak tidur seperti saya. Insyaallah tahun ini Kaltim sudah memiliki KEK Pariwisata," ungkap Arif.

Sementara Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menegaskan segera memenuhi syarat-syarat administratif guna mewujudkan percepatan pembentukan KEK Pariwisata. "Arahnya memang ke Berau. Jadi kita segera saja melengkapi persyaratannya. Ini demi menjadikan Kaltim sebagai destinasi unggulan baik nasional maupun global," ungkap Hadi.

Kehadiran Menpar Arif Yahya ke Kota Tepian dalam rangka menghadiri sekaligus keynote speaker Millenial Gathering 2019 bertema Millenial dalam Pariwisata di Era Industri 4.0. Kegiatan Koordinasi Pengembangan Kawasan Pariwisata Wilayah Kalimantan dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPRRI Hetifah Saefudian dan Plh Kadis Pariwisata Kaltim Ahmad Herwansyah. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation