ASDP Siapkan 10 Kapal Fery untuk Layani Mudik Lebaran

ASDP Siapkan 10 Kapal Fery untuk Layani Mudik Lebaran

 

SAMARINDA - Menghadapi arus mudik memperingati Hari Raya Idul Fitri 1435 H, khususnya pada jalur penyeberangan kapal di pelabuhan feri yang menghubungkan Balikpapan dan  Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Pemprov Kaltim melalui Dinas Perhubungan Kaltim sudah mengantisipasi dengan 10 armada kapal feri dan dua kapal lainnya dalam posisi stanby (disiapkan). 

"Untuk melayani penumpang kapal fery penyeberangan selama Lebaran,  jajaran petugas lapangan ASDP akan terus berupaya memberikan pelayanan secara optimal," kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Zairin Zain melalui Kepala Bidang Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kaltim H Murjani, Senin (7/7).

Dia memprediksi kendaraan yang menggunakan penyeberangan feri meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya dan perkiraan arus kendaraan yang ingin menyeberang ke Balikpapan menggunakan jalur kapal fery puncaknya selama tiga hari, yakni H-1 hingga H-3 lebaran.

“Meskipun waktunya masih panjang dan merupakan agenda rutin tahunan, pelayanan arus mudik maupun balik kita persiapkan dengan baik demi kepentingan masyarakat," ujarnya.

Dia  perkirakan antrean kendaraan paling banyak di tiga hari itu. Namun, bagi para penumpang terutama pemakai kendaraan tidak perlu khawatir. Karena 10 kapal telah disiapkan dan didukung dermaga II yang sudah dioperasikan dan berfungsi dengan baik.

“Dioperasikan dermaga II dibantu dua dermaga cadangan, sehingga diharapkan tidak ada lagi antrean panjang kendaraan. Kita akan lakukan layanan secara optimal,” pungkasnya. (sar/sul/es/hmsprov).

////FOTO : Salah satu kapal ferry yang melayani angkutan penyeberangan dari Balikpapan ke Penajam Paser Utara.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation