Asia Biogas Siap Dukung Turunkan Emisi GRK

dok.humasprovkaltim

SAMARINDA - Asia Biogas Group merupakan perusahaan  yang bergerak dibidang pengelolaan limbah agro industri menggunakan teknologi terbarukan. Sehingga menghasilkan bahan bakar alternatif ramah lingkungan mampu mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kaltim Ence Achmad Rafiddin Riza, usai mengikuti presentasi PT Asia Biogas (PTAB) yang disampaikan Chaimant Asia Biogas Mr Coror Mc Coole didampingi Country Director Joice Caroline di Ruang Rapat Tuah Himba Lantai 6 Kantor Gubernur Kaltim. Menerangkan, PTAB memberikan suatu peluang  penyertaan keterlibatannya dalam berkontribusi secara ekonomi terutama segi lingkungan. 

Ditambahkan, PTAB memberikan solusi dalam pemanfaatan limbah pabrik kelapa sawit (PKS). Seperti diolah menjadi bahan baku pembangkit tenaga listrik. Kemudian biogasnya dikembalikan ke perusahaan. Sementara perusahaan ini mengambil cangkang  yang berasal dari PKS untuk dijual ke negara Jepang.

“Perhitungan dari pengambilan biogas, mereka mendapatkan manfaat terkait cangkang untuk dijual ke Jepang dalam bentuk carbon fund. Karenanya, Asia Biogas perlu mendapat dukungan sebab membantu pemerintah dalam penurunan emisi GRK,” kata Ence Achmad Rifiddin Riza, Rabu (22/1/2020).

Untuk selanjutnya, ujar Ence Achmad, PTAB meminta dukungan Pemprov Kaltim terkait  kerjasama tersebut. Berikut mereka akan mengerjakan kerjasama dengan perusahan kepala sawit di Kaltim. Diantaranya, PT Teladan Prima Group, IJM dan Rea Kaltim. Untuk tahap pertama lebih kurang 10 PKS. Tahap selanjutnya mereka akan masuk lagi ke  klaster berikutnya. 

“Harapannya minimal 50 persen PKS di Kaltim bisa mengakuti program yang ditawarkan PTAB. Kalau kami dari segi lingkungan tentu sangat mendukung,” ungkap Ence Achmad.(mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation