ASN Pemprov Tes Urine, Ciptakan Aparatur Bersih Penyalahgunaan Narkoba

Setdaprov Kaltim bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim melaksanakani tes urine bagi seluruh pegawai (heru/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Setelah libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemprov Kaltim tidak hanya dituntut tertib dan disiplin saja. Juga, harus sehat dan bersih terbebas dari penyalahgunaan narkoba. Karenanya, Setdaprov Kaltim bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim melaksanakani tes urine bagi seluruh pegawai, Senin (10/6/2019).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Setprov Kaltim Hj Riawati mengatakan tes urine ini dilakukan sebagai komitmen duet kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi. "Terutama dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang," ujarnya.

Menurut dia, upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih yang salah satunya menciptakan aparatur bebas dari narkoba. Diakuinya, sidak yang dilakukan sudah sesuai dengan arahan Gubernur dan Wakil Gubernur. "Sehinggai ASN yang bebas narkoba tentu jernih pikirannya dan kerjaannya juga jadi bagus," ujar Riawati.

Ditambahkannya, jika ada yang terindikasi positif narkoba akan ditindak oleh instansi yang berwenang seperti Badan Kepegawaian Daeraj (BKD). "Ini bukti pemerintah tidak main-main dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba," jelas Riawati.

Sementara Kepala Biro Perekonomian Nazrin mengapresiasi pelaksanaan tes urine bagi ASN guna mengetahui dan menertibkan pegawai agar tidak bermain atau menggunakan narkoba. "Apresiasi sekali, pemerintah memang harus melaksanakan kegiatan ini karena sangat penting. Guna menertibkan pegawai kita agar bebas dari narkotika dan obat terlarang. Harus dilaksanakan rutin setahun sekali atau enam bulan sekali. Memperbaiki citra pegawai negeri bebas dari narkoba," kata Nazrin. Pelaksanaan tes urine ini diikuti seluruh ASN yang dipantau dan diawasi langsung oleh pegawai BNNP Kaltim. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation