Atasi persoalan blanspot Pemprov Bangun 11 Menara Telekomunikasi

Atasi persoalan blanspot Pemprov Bangun 11 Menara Telekomunikasi

 

SAMARINDA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim selama empat tahun sejak 2012 hingga 2015 telah membangun sebanyak 11 menara telekomunikasi atau tower BTS (Base Transceiver Station) di sejumlah wilayah di Kaltim. Langkah ini sebagai upaya membuka keterisolasian dalam bidang telekomunikasi di daerah-daerah yang belum terkoneksi jaringan telekomunikasi.

Kepala Diskominfo Kaltim, H Abdullah Sani didampingi Kepala Bidang Pos dan Telekomunikasi, Atmaji menyebutkan sebelas menara itu terdiri dari lima di Provinsi Kaltara (dibangun saat masih bergabung dengan Kaltim) dan enam di Provinsi Kaltim. Lima menara telekomunikasi di Kaltara dibangun di Desa Long Apung, Desa Agung Baru dan Desa Long Nawang di Kabupaten Malinau serta dua menara di desa Long Layu Kabupaten Nunukan. Sedangkan di Kaltim terdapat di Desa Tiong Ohang, Desa Long Apari, Desa Long Lunuk di Kabupaten Mahulu, Desa Muara Telake di Kabupaten Paser, Maloy di Kabupaten Kutim serta Kelay di Kabupaten Berau.

"Diskominfo Kaltim telah membangun 11 tower. Lima di Kaltara dan enam di Kaltim. Kita bangun melalui pelelangan umum dan kerjasama melalui swakelola dengan TNI AD. Kita bangun ini dalam upaya menuntaskan masalah blankspot di daerah pedalaman, perbatasan maupun daerah tertinggal yang tidak terkoneksi jaringan komunikasi," katanya.

Di Kaltim, menara telekomunikasi yang sudah terbangun saat ini sudah tidak ada masalah dengan koneksi jaringan karena telah ada kerjasama antara PT Telkomsel dengan Pemprov Kaltim dan Pemkab di daerah pembangunan tower tersebut.

"Sudah ada kerjasama. Pembangunan tower selesai. Maka, sudah tidak ada masalah dengan koneksi jaringan. Hanya satu tower yang masih belum selesai pembangunannya yakni di Berau. Tahun ini, mudah-mudahan selesai," katanya.

Mengenai rencana ke depan, Atmaji mengatakan, Diskominfo Kaltim akan membangun tiga menara telekomunikasi di daerah Kecamatan Damai di Kabupaten Kutai Barat, Kecamatan Busang dan Muara Ancalong di Kutai Timur yang sudah diusulkan untuk tahun anggaran 2016.

"Kita bangun dengan kerjasama melalui swakelola dengan TNI AD. Kami juga berencana akan menambah dua tower lagi di Muara Wis, Kabupaten Kukar dan di Tana Grogot, Kabupaten Paser. Yang jelas, kita akan berupaya agar Kaltim sudah tidak ada lagi blankspot," katanya. (rus/hmsporv)

Berita Terkait