Atlet Kaltim Mulai Jalani Pra PON, Benua Etam Siap Menuju Papua 2020

SAMARINDA - Provinsi Kaltim siap berkompetisi meraih prestasi terbaik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua. Kesiapan itu ditandai dengan dilaksanakan pra PON yang mulai dijalani para atlet sejak awal hingga akhir tahun ini. Ketua Umum KONI Kaltim H Zuhdi Yahya mengatakan pra PON dilaksanakan satu tahun sebelum PON. Karena itu, tahun ini Kaltim sudah menyiapkan atlet untuk berlaga di pesta olahraga terakbar nasional tersebut.

"Jadi, mereka yang akan bertanding harus menyiapkan diri. Pra PON diikuti seluruh atlet yang dilaksanakan Pengurus Besar Cabang Olahraga (PB Cabor)," kata Zuhdi Yahya di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (2/4/2019).

Kaltim, lanjut Zuhdi, sudah mempersiapkan atlet yang berlaga sejak 2018. Terutama  sejak Februari tahun lalu dilepas gubernur saat itu dengan training center (TC) Desentralisasi Mandiri PON 2020. Zuhdi meyakini kesiapan atlet dan pengurus cabor sejak awal mampu berkontribusi besar bagi Kaltim untuk meraih prestasi. "Yang jelas, pra PON akan berguna bagi atlet di cabor masing-masing," jelasnya.

Sebelumnya, Kaltim telah melaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) belum lama ini. Pelaksanaan dalam rangka menyiapkan atlet muda berbakat yang nantinya bisa turut bersaing di PON.

Namun tentu tidak cukup sampai di TC Mandiri dan Porprov saja. Karena itu, KONI Kaltim meminta masing-masing Pengurus Cabor melaksanakan seleksi mandiri dengan melaksanakan Kejuaraan Daerah (Kejurda) juga mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Sehingga dapat menilai mana atlet yang pantas diturunkan ketika Pra PON sebelum menuju PON di Papua.

Sementara mengenai Cabor yang akan diturunkan ketika PON nanti. Kaltim prinsipnya menyesuaikan cabor yang akan dipertandingkan di papua. Diakuinya menuju ke Papua, Kaltim tetap menyesuaikan cabor yang dipertandingkan. Saat ini masih ada 35 Cabor yang disiapkan KONI Pusat untuk dipertandingkan. "Meski berapa jumlah cabornya, yang jelas Kaltim siap menuju PON 2020," jelasnya. (jay/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation