Australia Bantu Program 2 Juta Sapi

Kunjungan Menteri Industri Primer dan Perikanan Australia

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menegaskan Kaltim memiliki hubungan baik dengan Northern Territory Government (NTG) atau Pemerintah Northern Territory di Australia. Bahkan keduanya membutuhkan banyak hal dalam bidang kerjasama. 

Penegasan itu disampaikan Wagub Mukmin Faisyal saat menerima kunjungan Menteri Industri Primer dan Perikanan Northern Territory Government Willem Westra van Holthe dan rombongan di Ruang Rapat Wagub, Kamis (25/6).

“Pemprov Kaltim sangat berterima kasih atas respon cepat pihak NTG atas keinginan pemerintah dalam berbagai kerjasama yang perlu ditingkatkan. Intinya, Kaltim dan NTG saling membutuhkan,” kata Mukmin Faisyal.

Apalagi lanjut Wagub, Kaltim dalam rencana pembangunan daerah dalam pengembangan ketahanan pangan terkait terwujudnya swasembada sapi maka telah menetapkan program pembangunan dan pengembangan 2 Juta Ekor Sapi yang akan dipenuhi pada 2018.

Dalam program tersebut sudah jelas diperlukan ketersediaan ternak sapi dari lokal maupun  dalam dan luar negeri. Saat ini menurut Mukmin, ketersediaan sapi dalam negeri masih terbatas sehingga harus didatangkan dari luar negeri.

Negara Australia dalam hal ini NTG merupakan salah satu negara yang akan mengirimkan sapi-sapi terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan 2 Juta ekor sapi Kaltim melalui kerjasama yang telah dibangun selama ini.

“Bahkan dalam tahun 2015 ada sekitar 11.000 sapi dari 30.000 sapi yang telah dipesan Indonesia diperuntukkan bagi Kaltim. Selain itu, pada tahap awal ada sekitar 1.000 ekor dari 4.950 sapi betina bunting akan datang,” jelasnya.

Untuk program pengembangan sapi di Kaltim inilah, maka diperlukan penguatan kerjasama antar negara. “Sehingga pembangunan 2 juta sapi Kaltim bisa terlaksana tanpa ada kendala sebaliknya mampu berkontribusi dalam pembangunan ternak nasional,” ungkapnya.

Mukmin menambahkan program pengambangan ternak Kaltim merupakan upaya pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Juga, mampu berimbas pada peningkatan taraf  hidup dan kesejahteraan masyarakat Kaltim.

Sementara itu  Menteri Industri Primer dan Perikanan Northern Territory Government Willem Westra van Holthe mengungkapkan kunjungan balasan yang dilakukan pihaknya merupakan tekad dan niat baik pemerintah Northern Territory untuk menjalin kerjasama yang lebih solid.

“Ini kunjungan balasan kami atas kunjungan Pemprov Kaltim beberapa waktu lalu dan kemitraan ini harus terus dilakukan bahkan dikuatkan. Hal ini berdasarkan kepercayaan dan persahabatan serta dukungan pembangunan peternakan Kaltim juga kerjasama sektor lainnya,” ujar Willem Westra van Holthe.

Ikut mendampingi Wagub, Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Dadang Sudarya dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Iwan Mulyana serta staf ahli Gubernur bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan Budi Pranowo, pimpinan Dinas Perindagkop UMKM Kaltim dan Wakil Ketua Kadin Kaltim H Ruben Tumade. (yans/sul/hmsprov)

 

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meninjau lokasi peternakan sapi di lahan eks tambang Kutai Kartanegara dan ketika Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menerima kedatangan Menteri Industri Primer dan Perikanan Northern Territory Government Willem Westra van Holthe. (johan/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation