Australia Jalin Kerjasama dengan Pemprov Kaltim

Australia Jalin Kerjasama dengan  Pemprov Kaltim

 

SAMARINDA- State Government Victoria Ausrtalia melakukan kerjasama berbagai bidang dengan Pemprov Kaltim, kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of undestanding (MoU), oleh Commisioner Victorian Government Bussiness Office  Brett Stevens dan Gubernur Kaltim Dr H H Awang Faroek Ishak.

Gubernur berharap State Government Victoria Asutralia, tidak saja bekerjasasama dalam  bidang pendidikan, kesehatan,  infrastruktur dan perawatan serta bidang agrobisnis makanan, tetapi  bisa merambah  ke bidang lainnya.

"Kaltim masih terbuka lebar  dalam peluang investasi, seperti pengembangan dalam kawasan industri pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus Malaoy batuta Trans Kalimantan (KEK-MBTK),"kata Awang Faroek Ishak dalam pertemuannya dengan jajaran commisoner dan beberapa direksi dari State Government  Victoria Australia, yang berlangsung di Ruang Rapat Gubernur Kaltim Kamis (5/1). 

Awang Faroek juga mengharapkan jajaran direksi dari Victoria Company bisa bekerja sama dalam pembangunan dan pengembangan KEK MBTK. Di dalam kawasan tersebut Pemprov Kaltim terus melakukan kelengkapan pembangunannya.  Pengembangan hasil  perkebunan, baik kelapa sawit, coklat, karet dan produk lainnya. pembangunan industri pengolahan di daerah Maloy menjadi hal penting dalam mewujudkan variasi produk. Sehingga ke depan tidak semuanya Crude  Palm Oil  (CPO) Kaltim diekspor, tapi harus sudah diolah menjadi berbagai produk turunan kelapa sawit.

Commisioner Victorian Government Bussiness Office  Brett Stevens  mengatakan, setelah dilakukan Memorandum of  undestanding (MoU) nantinya para direktur dari kantor Victoria yang ada di Jakarta, akan menindak lanjuti kerjasama yang telah dibuat  melalui Kepala  Biro Kerjasama dan Penataan Wilayah Setdaporv Kaltim Tri Murti Rahayu, 

"Lima bidang  yang disetujui yaitu bidang pendidikan, kesehatan,  infrastruktur dan perawatan serta bidang agrobisnis makanan. Oleh karena itu setelah MoU ini nantinya ada tindak lanjutnya, bukan sekedar MoU saja," kata Brett Stevenss. (mar/hmsprov)

 

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H H Awang Faroek Ishak dalam pertemuan dengan jajaran State Government Victoria Asutralia. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait