Kalimantan Timur
Awali Kunjungan ke Selatan, Gubernur Tinjau Tol dan Jalur Batu Aji-Kuaro


 

BALIKPAPAN - Mengawali kunjungan kerjanya ke wilayah selatan Kaltim (7-9 Nopember), Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meninjau lokasi pembangunan jalan tol yang melewati areal Kompi Senapan B Raider 600/Modang KodamVI Mulawarman.

Kedatangan Gubernur untuk memastikan tidak ada masalah lahan dalam pembangunan jalan tol Balikpapan - Samarinda yang melewati kawasan TNI tersebut. 

"Kunjungan kami ke kawasan ini untuk memastikan lahan yang terkena jalan tol tidak mengalami masalah," kata Awang Faroek saat  berada di Kompi Senapan B  Raider 600 Modang Balikpapan, Senin (7/11).

Kawasan ini  berada di wilayah Kelurahan Manggar. Jalur tol ini dipastikan juga melewati asrama dan tempat ibadah. Sebab itu untuk pembangunan yang berada dalam Seksi V tersebut,  Pemprov telah mengganti dengan pembangunan asrama baru dan masjid di sekitar kompi tersebut.

Kunjungan ke Kompi Senapan B Raider merupakan bagian dari agenda kunjungan kerja Gubernur Awang Faroek Ishak dan rombongan ke wilayah selatan Kaltim. Setelah kunjungan melihat progres pembangunan jalan tol tersebut, Gubernur akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Saat kunjungan ke Kompi Senapan B Raider, Gubernur Awang Faroek Ishak diterima Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang dan Walikota Balikpapan Rizal Effendi serta Kepala  Balai Pelaksana Jalan Nasional 12  Balikpapan Timbul Pasaribu.

Dalam kunjungan kali ini, Gubernur Awang Faroek didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Ichwansyah dan Kepala Bappeda Kaltim Zairin Zain serta Kepala Dinas PU  Kaltim Taufik Fauzi. 

Setelah meninjau progres pembangunan jalan tol, Gubernur Awang Faroek melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Paser melalui jalur darat. Pada kesempatan ini, Gubernur meninjau proyek jalan lintas provinsi tepatnya trase jalan Kuaro - Batu Aji sepanjang 38 km senilai Rp407 miliar. Ruas jalan ini menghubungkan Provinsi Kaltim dan Kalsel.

Proyek pembangunan jalan ini dilaksanakan oleh ÄŽinas Pekerjaan Umum Kaltim dan Balai Pelaksana Jalan Nasional 12 Kementerian PUPR sejak 2015-2018. Penyelesaian jalan ini ditarget tuntas pada 2017.

Gubernur Awang Faroek mengatakan pembangunan jàlan ini bagian dari upaya pemerintah mèmenuhi kebutuhan dasar masyarakat khususnya jalan.

Ikut mendampingi kunker gubernur ke wilayah selatan seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim dengan rangkaian kendaraan sekitar 38 unit. Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dan jajaran Pemkab Paser tampak hadir mendampingi Gubernur dalam kunjungan di ujung selatan Kaltim tersebut. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait