Awang : Mari Bersama Tangkal Faham Radikal dan Menyimpang

BALIKPAPAN – Kembali Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan bahwa enam forum yang tergabung dalam Forum Kebangsaan Kaltim merupakan mitra strategis pemerintah dalam menangkal faham radikal, anarkis dan menyimpang.

Penegasan itu disampaikan Gubernur Awang Faroek  dalam acara malam Silaturahmi Forum Kebangsaan Kaltim dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kaltim di Hotel Senyiur Balikpapan, Selasa (8/3).

Enam forum yang tergabung dalam Forum Kebangsaan Kaltim yakni Forum Komunikasi Persaudaraan Antarmasyarakat Kaltim (FKPMKT), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dan Forum Komunikasi Pengusaha Kaltim (FKPKT). 

Menurut Gubernur, silaturahmi Forum Kebangsaan dengan jajaran FKPD Kaltim sangat penting terutama untuk saling bertukar informasi khususnya terkait kondisi dan situasi daerah.

“Saya sangat mendukung keberadaan forum-forum ini agar kita dapat bersama-sama menangkal berkembangnya faham-faham radikal dan menyimpang. Silaturahmi semacam ini juga bisa menjadi media bagi kita untuk berbincang tentang kondisi daerah maupun kebijakan pemerintah. Sebab forum-forum  ini adalah mitra strategis pemerintah,” kata Awang Faroek Ishak.

Gubernur juga mengapresiasi  rencana Forum Kebangsaan Kaltim yang akan melaksanakan pertemuan setiap tiga bulan sekali. Menurut dia,  hal ini sangat penting dalam upaya membangun komunikasi dan koordinasi yang lebih baik.

“Saya berjanji untuk menuntaskan pembanguan sekretariat forum dan ini bukti komitmen dan dukungan pemerintah atas keberadaan forum-forum yang menjadi mitra strategis pemerintah,” kata Awang Faroek Ishak.  

Sementara itu Ketua Pembina Forum Kebangsaan Kaltim HM Yos Soetomo mengungkapkan rasa terima kasih yang besar atas dukungan dan perhatian pemerintah daerah terhadap keberadaan forum-forum di Benua Etam. 

“Dukungan Gubernur Awang Faroek Ishak untuk menuntaskan pembangunan sekretariat Forum Kebangsaan Kaltim merupakan upaya yang sangat diapresiasi masyarakat Kaltim,” ujar Yos Soetomo.

Hadir dalam silaturami tersebut Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono dan Kapolda Kaltim Irjen Safaruddin serta para tokoh masyarakat dari enam forum tersebut. (yans/sul/es/hmsprov)

 

Berita Terkait