Awang : Era MEA Jangan Ditakuti

 

SAMARINDA – Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) hendaknya menjadi tantangan dan peluang bukan sebaliknya ditakuti. Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada penyerahan IPP Radio Pemkab Paser di Ruang Pertemuan Gubernur Kaltim, pekan lalu.

Menurut dia, siap atau tidak, tetap saja era pasar bebas ini berlaku dan dipastikan bisa memberi imbas terhadap tata kelola sumber daya manusia maupun sumber daya alam.

“Pemberlakukan MEA jangan ditakuti. Sebaliknya, ini tantangan dan peluang kita untuk menunjukkan daya saing bangsa dengan negara-negara lain di pasar bebas,” katanya.

Awang menegaskan sudah menjadi tekad dirinya bersama seluruh jajaran Pemprov Kaltim untuk meningkatkan daya saing daerah melalui peningkatan kualitas SDM dan tata kelola SDA yang lebih baik dan lestari.

Tiga program prioritas pembangunan daerah sebut Gubernur, telah ditetapkan dalam upaya peningkatan daya saing daerah.

Yakni, pembangunan kualitas SDM melalui pembangunan dan pengembangan sektor pendidikan dan kesehatan serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Selain itu, pembangunan infrastruktur berupa pembangunan jalan, jembatan dan pelabuhan dan bandara termasuk pengembangan kawasan industri.

Pembangunan prioritas lainnya jelas Awang, yakni pembangunan dan pengembangan pertanian dalam arti luas untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah demi kesejahyeraan rakyat.

“Nah, sekarang yang perlu dikuatkan adalah bagaimana pasar bebas atau MEA ini menjadi peluang dan kesempatan Kaltim dengan memaksimalkan potensi SDM dan SDA yang kita miliki agar memberi nilai bagi daerah dalam persaingan itu,” harap Awang. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation