Awang : Iwapi Mitra Strategis Pemerintah

Pengukuhan Iwapi Kaltim dan Kabupaten/Kota

SAMARINDA – Ikatan wanita pengusaha Indonesia (Iwapi) harus mampu berperan dalam meningkatkan kualitas dan daya saing para pengusaha perempuan di daerah, utamanya mendukung upaya peningkatan sumber daya mansuia (SDM) pelaku usaha di daerah. “Saya yakin Iwapi merupakan mitra strategis pemerintah,” kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada pengukuhan dan pelantikan DPD Iwapi Kaltim dan DPC Iwapi Kabupaten/Kota di Pendopo Lamin Etam, Jumat (30/10).

Keberadaan Iwapi lanjut Awang, sangat seiring dengan upaya pemerintah dalam pemberdayaan perempuan terutama terkait pemebrdayaan ekonomi rakyat sehingga terjadi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan kaum perempuan. 

Menurut Awang, Kaltim memiliki potensi yang besar dengan didukung berbagai keunggulan. Sehingga, potensi yang besar itu membuka peluang bagi masyarakat untuk berusaha berimbas pada penurunan angka pengangguran dan penuntasan kemiskinan.

Pemerintah daerah melalui kebijakannya secara jelas memberikan dukungan terhadap pertumbuhan dan pengembangan dunia usaha di daerah yang meliputi berbagai sektor kegiatan usaha.

Misalnya, dukungan ketersediaan dana untuk modal usaha melalui lembaga perbankan milik daerah seperti Bank Pembangunan daerah (BPD) Kaltim berupa kredit usaha. Bahkan, kemudahan akses kredit disedikan tanpa agunan dari PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida).

Diantaranya, Kredit UMKM yang disediakan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah dan Kredit Perikanan Sejahtera bagi pelaku usaha subsektor perikanan dan kelautan. Kredit Ternak Sejahtera bagi petani peternak.

“Di sinilah saya harap Iwapi mampu memfasilitasi dan mendorong anggotanya mampu mengakses perkreditan guna meningkatkan dan mengembangkan usaha. Pemerintah sangat mengapresiasi peran Iwapi dalam pemberdayaan ekonomi rakyat,” harap Awang Faroek Ishak.

Sementara itu Ketua Umum DPP Iwapi Nita Yudi mengemukakan Iwapi telah beridir 40 tahun lalu dan memiliki anggota sekitar 30 ribu perempuan pengusaha dan memerlukan dukungan kebijakan pemerintah guna pengembangan usaha.

“Kendala yang kita hadapi masalah permodalan yang masih cukup tinggi suku bunga bank. Kami bersyukur di Kaltim ini Gubernur Awang Faroek Ishak memberikan peluang permodalan di lembaga perbankan didukung PT Jamkrida,” ujar Nita Yudi.

Dia menambahkan Iwapi siap menghadapi era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM anggota Iwapi di seluruh Indonesia, sehingga mampu bersaing dengan produk luar negeri.

Pengukuhan dan pelantikan Iwapi Kaltim yang dipimpin Hj Noorhasanah Subianto dirangkai seminar Wanita dengan 1.000 Akal, Insya Allah Bisa.(yans/hmsporv)

WANITA PENGUSAHA. Gubernur Awang Faroek Ishak saat melantik pengurus DPD Iwapi Kaltim dan mendapat cinderamata dari Iwapi. (johan/humasprov kaltim)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation