Awang : Mari Galakkan Ecotourism di Kaltim


 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat Kaltim menggalakkan ecotourism atau ekowisata di Kaltim, dengan cara mempromosikan berbagai keunggulan kekayaan alam maupun seni dan budaya yang tidak ada di daerah lain maupun Negara lain, sehingga ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata dapat meningkat.

Kekayaan alam yang dimiliki Kaltim dinilai mampu meningkatkan kunjungan wisata di daerah. Sumber kekayaan alam ini potensial menjadi modal bagi pengembangan ecotourism di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu kekayaan alam yang patut dibanggakan Kaltim adalah kekayaan alam bawah laut di Gugusan Pulau Derawan, di mana di sana Kaltim memiliki ubur-ubur yang jinak dan tidak menyengat serta Karst Sangkulirang Mangkalihat nan indah dipandang mata.

“Karena itu, mari bersama galakkan ecotourism yang kita miliki, sehingga daerah kita menjadi salah satu kunjungan wisata dunia yang selalu diingat para wisatawan mancanegara maupun nusantara,” kata Awang Faroek Ishak di Samarinda, Minggu (28/8).

Meski demikian, untuk mendukung ecotourism tersebut perlu adanya infrastruktur dasar yang baik. Karena itu, Pemprov Kaltim bertekad hingga 2018 infrastruktur menuju obyek wisata unggulan di Kaltim dapat dibenahi.

Pembangunan tersebut diperlukan, agar arus wisatawan yang berkunjung ke Kaltim semakin lancar dan banyak. “Kita sudah melakukan pembangunan bandara internasional di Balikpapan. Ini sebagai salah satu cara pemerintah mendukung ecotourism berkembang di Kaltim. Diharapkan pembangunan infrastruktur lainnya, mulai jalan tol, jembatan dan pelabuhan internasional, serta bandara di kabupaten/kota dapat dibangun dengan baik, sehingga memperlancar arus transportasi masuknya pendatang ke daerah,” jelasnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation