Awang : Pelayanan Baik, Masyarakat Puas

* Launching Peningkatan Fasilitas Pelayanan Publik Dispenda Kaltim  

 

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov yang telah membuat best practice dan inovasi-inovasi, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pada bidang dan lingkupnya masing-masing.  

"Tugas kita semua adalah sebagai pelayan masyarakat, oleh karena itu berikanlah pelayanan terbaik dari setiap SKPD. Jangan dipersulit, sehingga masyarakat puas atas pelayanan tersebut," ucap Gubernur saat Launching Peningkatan Fasilitas Pelayanan Publik Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kaltim, seusai Apel Penyerahan Penghargaan SKPD Terbaik, di Kantor Dinas PU Kaltim, Jumat (18/1).  

Pada kesempatan itu Gubernur didampingi Sekprov Kaltim Irianto Lambrie dan Kepala Dispenda Eddy Kuswadi melakukan penyerahan satu unit bus roda enam untuk Samsat Keliling, dua unit micro bus roda empat untuk Samsat Kampus, satu unit speed boat untuk Samsat Terapung dan 16 unit sepeda motor untuk Samsat Delivery Order.  

"Launching ini adalah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang dilakukan oleh Dispenda Kaltim. Dengan adanya tambahan unit baru ini diharapkan kinerja para petugas dapat semakin meningkat, begitu pula dengan capaian target penarikan pajak kendaraan bermotor sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," katanya.  

Gubernur mengungkapkan sebelumnya Dispenda Kaltim telah meluncurkan program Samsat Online di seluruh wilayah Kaltim, Samsat Pembantu di daerah pesisir dan pedalaman, Samsat Mobile, Samsat Keliling, Samsat Terapung, Sepeda Motor Delivery Order, Samsat Corner, Samsat Drive Thru, Samsat Payment Point, Informasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui sms ke nomor 7070 dan call centre pada 0541-734888.  

"Dispenda juga telah mendapatkan Sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001:2008, yang berarti telah mampu memberikan pelayanan berstandar internasional. Dengan sejumlah program itu Kaltim berhasil mendapatkan penghargaan Citra Pelayanan Prima dari Presiden RI dan Piagam Pelayanan Prima dari Menpan pada 2010 lalu," tambahnya.  

Gubernur berharap Dispenda bersama SKPD lainnya dapat terus meningkatkan kinerja dan prestasi, terutama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kaltim.  

"Terus tingkatkan koordinasi antar kantor Samsat, tingkatkan kualitas pelayanan dan pertahankan sistem komputerisasi. Selain itu, kendaraan yang mempunyai plat dari luar Kaltim harus mendapatkan perhatian serius dari Dispenda. Kemudian terkait pajak alat berat harus dapat dilaksanakan sesegera mungkin," pesa Gubernur.  

Sementara itu, Kepala Dispenda Kaltim, H Eddy Kuswadi, mengatakan launching ini dilakukan pada momentum yang tepat. Samsat Keliling, lanjut dia, dimaksudkan untuk melayani wajib pajak yang jauh dari kantor. Sama halnya dengan Samsat Kampus, yang meluncurkan tiga unit , masing-masing satu di Samarinda, Balikpapan dan Kutai Kartanegara, khusus pelayanan bagi mahasiswa.  

Selanjutnya, Samsat Terapung Delivery Order, yang akan beroperasi di bantaran sungai Mahakam, terutama di daerah Sungai Kapih dan Mangkupalas. Lalu ada Sepeda Motor Delivery Order, untuk daerah Samarinda dan Kukar, yang akan beroperasi melayani daerah-daerah yang tidak dapat dijangkau dengan mobil atau bus Samsat Keliling.  

"Kita akan pro aktif menjemput bola dan mendekatkan pelayanan kepada wajib pajak dalam rangka menggali potensi PAD Kaltim. Selain program baru ini, program-program terdahulu juga terus kita tingkatkan sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan dalam pengurusan PKB," ucap Eddy.  

Pada kesempatan itu, gubernur menyempatkan diri melihat pelayanan dari Samsat Keliling. Gubernur memberikan apresiasi terhadap pelayanan Samsat Keliling saat menyelesaikan proses pembuatan STNK mobil milik seorang warga Samarinda, hanya dalam waktu dua menit.(her/hmsprov).

Foto: Gubernur ketika melakukan Launching Peningkatan Fasilitas Pelayanan Publik Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kaltim. (heru/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation