Awang : Peluang Pamerkan Potensi Kaltim

Kaltim  Sambut Baik  SIE 2014

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyambut baik gelaran  Sabah Internasional Expo (SIE) 2014 yang akan digelar di Sabah, Malaysia, 18 September 2014 mendatang.  Kaltim pun akan memanfaatkan expo itu untuk menjual berbagai potensi daerah ini.

"Kaltim akan mengirimkan delegasi untuk SIE 2014. Forum ini merupakan   peluang untuk kita memamerkan potensi Kaltim ke dunia internasional," kata Gubernur Awang Faroek Ishak saat menerima Organizing Commite/Deputy President Of FSI Datuk Mohd Basri Abd Gafar beserta rombongan di ruang rapat gubernur, Kamis (23/1).   .

  Untuk kehadiran pada  ajang SIE tersebut, Kaltim akan mempersiapkan secara baik dan gubernur berjanji  akan mempresentasikan produk-produk unggulan Kaltim salah satunya  Kawasan Industri Maloy dan Kawasan Industri Kariangau. Pemprov juga akan mengundang para pengusaha  travel untuk hadir pada SIE tersebut agar dapat membantu mempromosikan potensi Kaltim ke dunia internasional.

  Gubernur menambahkan, banyak peluang  yang bisa ditawarkan dari Kaltim, salah satunya industri wisata salah satunyan adalah keindahan di gugusan Kepulauam  Derawan dan Kakaban yang sangat eksotis untuk snorkling dan diving (penyelaman).

"Sekarang wisata di Berau semakin meningkat seiring gencarnya promosi pariwisata yang terus kami lakukan bersama Pemkab Berau. Saya sarankan agar perusahaan penerbangan di Malaysia bisa membuka rute penerbangan bukan Kinibalu ke Balikpapan saja, tetapi langsung ke Berau agar para pelancong bisa segera menikmati keindahan Derawan dan sekitarnya," pinta Awang.

Gubernur juga menawarkan kerjasama  perkebunan sawit berupa pendirian pabrik CPO (crude palm oil) di Kaltim.

Disebutkan, saat ini kerjasama  Kaltim dan Malaysia berlangsung sangat erat diantaranya Sosek Malindio, juga kerjasama bilateral di berbagai hal. Kerjasama bidang olahraga juga terus dilakukan melalui Sukan Borneo. Kerjasama ini diharapkan mampu mempererat hubungan antar  kedua negara.   

   "Pemprov Kaltim juga telah melakukan kerjasama bidang pendidikan dengan mengirimkan mahasiswa untuk belajar ke Malaysia. Sedangkan kerjasama bidang ekonomi juga akan terus ditingkatkan," ungkap Awang.

   Awang juga menegaskan, bahwa Kaltim tidak akan mengirimkan tenaga kerja Indonesia (TKI) untuk bidang rumah tangga, tetapi hanya akan mengirimkan tenaga yang memiliki keahlian tertentu seperti bidan, dokter atau perhotelan. Sementara itu Deputy President Of FSI Datuk Mohd Basri Abd Gafar, mengucapkan terimakasih atas sambutan luar biasa  Gubernur Awang Faroek Ishak.

  "Sambutan gubernur bersama jajarannya membuat saya terharu meskipun sibuk tetap menyempatkan diri untuk  bersedia berdialog. Pada kesempatan ini saya mengundang Pemprov Kaltim untuk berpartisipasi pada SIE 2014," ujarnya.

Datuk Mohd Basri berharap Malaysia dan Kaltim yang masih serumpun terus mempererat persahabatan antar kedua negara dengan memperbanyak kegiatan, baik budaya maupun perdagangan. (sar/hmsprov).

//Foto: PELUANG KERJASAMA. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan buku berisi tentang perjalanan tugasnya selaku Gubernur selama periode lima tahun lalu kepada Organizing Commite/Deputy President Of FSI Datuk Mohd Basri Abd Gafar. (johan/humasprov kaltim).

Berita Terkait