Awang : Petani Kaltim Harus Maju

* KTNA Dukung Program Rice and Food Estate Kaltim


SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta  para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kaltim mendukung program-program Pemerintah khususnya bidang pertanian dalam program Rice and Food Estate di Kaltim.


”Petani harus bekerja keras dan cerdas, maju dan bersatu. Tidak hanya menanam padi tetapi harus mengintegrasikannya dengan peternakan dan perikanan. Jika ini bisa dilakukan, saya yakin petani akan lebih sejahtera,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak saat audensi dengan jajaran KTNA Kaltim di ruang rapat kantor gubernur, Kamis (7/2). 

 
Pada kesempatan itu Gubernur Awang Faroek, meminta KTNA memanfaatkan  program kredit pangan sejahtera dari BPD Kaltim untuk mendukung swasembada pangan dan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan petani, sekaligus membantu pengembangan usaha masyarakat

“Selain kredit pangan sejahtera manfaatkan  kredit sawit sejahtera, kredit sapi sejahtera dan kredit keramba sejahtera. BPD Kaltim dan BPD Kaltim mengalokasikan plafon anggaran Rp 2,1 triliun untuk seluruh program kredit permodalan yang telah dilaksanakan,” jelasnya.


Selain itu hendaknya para petani bisa lebih berpikir lebih maju dengan mengelola lahan pertanian melalui sikap mau belajar dan terus belajar, sebab jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin petani dapat lebih sejahtera.


"Petani dan bertani itu butuh ilmu dan seyogianya petani bisa lebih cerdas, supaya mengelola hasilnya lebih baik dan bisa memenuhi kehidupan dan keluarganya," ujar Awang.


Awang menyampaikan, bagaimana masyarakat Eropa maupun Asia seperti  Thailand  mampu mengelola pertaniannya dengan cerdas, menggunakan ilmu-ilmu pertanian, sehingga masyarakat di sana bisa hidup sejahtera dan bahkan hasil pertaniannya bisa bersaing di pasaran dunia.


“Saya sudah bertekad, semua masyarakat Kaltim harus hidup layak tidak boleh hidup dalam garis kemiskinan. Harus terpenuhi baik sandang, pangan maupun papan  dan saya yakin jika petani sejahtera, maka Indonesia akan menjadi negara maju dan  kita harus mempunyai ketahanan pangan yang kuat  dan untuk mencapai semua itu adalah dengan mensejahterakan petani,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua KTNA Kaltim Andi Burhan Baurahman Abullah, merasa bangga atas perhatian besar Gubernur Awang Faroek terhadap kaum petani.


”Dengan kebijakan yang pro petani tentunya KTNA siap mendukung program-program gubernur, seperti program  Rice and Food Estate di Kaltim serta program pertanian lainnya,” jelasnya.


Pada kesempatan itu, juga dilaporkan tentang kegiatan Pekan Daerah (Peda) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kaltim yang akan digelar pada 7 hingga 10 Juni mendatang  serta meminta dukungan gubernur juga sebagai pembina KTNA Kaltim.  (sar/hmsprov).

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika beraudiensi dengan anggota KTNA. (fajar/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation