Kalimantan Timur
Awang: Amankan Pesta Demokrasi

Awang: Amankan Pesta Demokrasi

SAMARINDA–Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan sukses pelaksanaan pesta demokrasi di tahun politik ini merupakan tanggungjawab semua pihak yang terbangun melalui sinergitas masyarakat, pemerintah dan aparat keamanan.

“Kembali saya ingatkan, pada tahun 2014 ini akan dilaksanakan dua agenda besar berupa penyelenggaraan Pemilu (Pemilihan Umum) yang merupakan pesta demokrasi rakyat dan kita semua bertanggungjawab untuk menyukseskannya,” ujar Awang Faroek Ishak pada Perayaan Bersama Tahun Baru Imlek 2565 di Buddhis Center, Sabtu (8/2).

Karena  tahun ini merupakan tahun politik  maka sudah tentu kondisi politik akan meningkat dan tidak mustahil bisa memicu munculnya hal-hal yang tidak diinginkan dan menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat. Untuk itu kepada kalangan umat bergama dan warga masyarakat Kaltim agar jangan mudah terprovokasi, hasutan dan adu domba dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang tidak menginginkan daerah ini tetap aman dan damai.

Sebab lanjut Awang, kesuksesan pelaksanaan pesta demokrasi akan terlihat dari tetap terjaga dan terpeliharanya keamanan daerah hingga terpilihnya wakil rakyat pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) pada 9 April untuk DPRD kabupaten/kota, provinsi dan DPR/DPD-RI.Termasuk penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada 9 Juli.

Diharapkan warga Kaltim bisa menyalurkan aspirasinya untuk menentukan serta memilih pemimpin negara yang akan memimpin Indonesia untuk waktu 5 tahun ke depan.

Untuk itu  setiap warga negara harus turut berpartisipasi menyalurkan aspirasinya dan jangan sampai tidak memilih atau golput (golongan putih).  Partisipasi berdemokrasi pada setiap Pemilu harus ditingkatkan sebagai kewajiban dan tanggungjawab warga negara.“

Pileg dan Pilpres itu harus terlaksana dengan sukses dan benar-benar merupakan ajang kehidupan demokrasi yaitu Pemilu yang dilaksanakan secara jujur dan adil dengan menegakkan asas langsung, umum, bebas dan rahasia,” harap Awang Faroek Ishak.

Dijelaskan, tingginya partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden merupakan salah satu indikator kesuksesan penyelenggaraan pesta demokrasi di Indonesia. (yans/hmsprov).

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada Perayaan Bersama Tahun Baru Imlek 2565 di Buddhis Center. (masdiansyah/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation