Awang: Bentuk Satgas Pengawas Jalan

PENAJAM – Guna melihat langsung perkembangan pembangunan kabupaten kota di Kaltim, Gubernur Awang Faroek Ishak melakukan kunjungan kerja sekaligus peninjauan beberapa proyek infrastruktur di wilayah selatan Kaltim, khususnya Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara.
“Peraturan daerah sudah kita buat untuk mengamankan jalan-jalan dari kendaraan yang melebihi tonase atau kapasitas jalan. Tinggal membentuk Satgas yang bertugas melakukan pengawasan, sehingga jalan-jalan kita bisa berumur panjang dan tidak cepat rusak,” ujar Awang Faroek saat meninjau  proyek pemeliharaan dan rehabilitasi ruas jalan kilometer 38 Semoi-Sepaku, Rabu (29/5).
Misalnya, kendaraan-kendaraan tambang dan pengangkut hasil perkebunan sawit yang melabihi kapasitas delapan ton, sudah pasti mempercepat kerusakan jalan yang seharusnya hanya mampu dilewati kendaraan bertonase di bawahnya.
Menurut dia, kunjungan kerja sekaligus peninjauan sebagai upaya melihat secara langsung kondisi jalan-jalan maupun pembangunan  infrastruktur yang menjadi tanggungjawab Pemprov Kaltim.
Termasuk jalan-jalan yang berstatus nasional dan menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan jalan kabupaten/kota yang harus dilaksanakan perbaikan maupun pemeliharaannya oleh pemerintah daerah setempat.
Jalan di kilometer 38 Semoi-Sepaku atau jalur Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dengan Petung Kabupaten Penajam Paser Utara yang merupakan tanggungjawab pemerintah pusat yang pemeliharaannya melalui anggaran APBN.
Jalan tersebut merupakan jalur vital transportasi darat selain jalur laut atau jalur penyeberangan melalui kapal ferry. Karenanya, kondisi jalan ini harus dipelihara secara rutin selain rehabilitasi tyerhadap ruas jalan yang rusak parah.
“Perbaikan longsoran maupun kerusakan merupakan prioritas dan harus dilakukan dan sudah menjadi kewajiban pemerintah sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, sekaligus pemenuhan infrastruktur dasar bagi rakyat Kaltim,” jelasnya.
Sebelumnya, Gubernur bersama rombongan meninjau pemeliharaan dan rehabilitasi Ruas Jalan Rifaddin-Loa Janan dan Jalan Loa Janan-Samboja. Selanjutnya melakukan pertemuan dan penyerahan bantuan benih dan peralatan pertanian bagi petani di Kecamatan Penajam Paser Utara. (yans/hmsprov).

//Foto: Gubernur Awang Faroek Ishak  (tengah) didampingi Ketua DPRD Kaltim, H Mukmin Faisyal (dua dari kanan) memberikan pengarahan kepada Plt Sekprov Kaltim Rusmadi (kanan) dan Kepala Dinas PU, Taufik Fauzi (kiri) serta Kepala Dinas Kominfo, Abdulah Sani (dua dari kiri), terkait penanganan jalan di Kilometer 38 Semoi -Sepaku. (rosehan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait