Awang: Berkat Sinergitas dan Kerjasama

Gubernur juga Terima KONI Award 2013

JAKARTA-Penghargaan kembali diberikan kepada  Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada awal-awal tahun ini. Penghargaan terbaru diraih Gubernur berkat komitmen  yang begitu besar terhadap pembangunan olahraga di daerah. Penghargaan berlabel  KONI Award Tahun 2013 tersebut diserahkan oleh Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman.

        "Penghargaan ini bukan hanya untuk seorang Awang Faroek Ishak. Mewakili seluruh pemangku kepentingan olahraga di Kaltim yang selama ini telah menunjukkan kerja keras membangkitkan olahraga di Kaltim dan tanah air, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas penghargaan ini," kata Awang Faroek usai penyerahan KONI Award 2013 dalam rangkaian acara Rapat Anggota Tahunan KONI Tahun 2013  di Jakarta Convention Centre (JCC), Senin malam (10/3).

        Gubernur yang kembali dipercaya memimpin Kaltim untuk periode keduanya itu juga menegaskan bahwa prestasi dan penghargaan yang diberikan KONI Pusat itu bisa diraih berkat sinergitas dan kerjasama yang baik antara semua pemangku kepentingan olahraga di daerah.

Menurutnya, sinergitas antara KONI dan pemerintah daerah  akan membuahkan hasil positif disertai dukungan kerjasama yang baik dari pemangku kepentingan olahraga lainnya di daerah. Untuk mendukung kemajuan olahraga daerah dan nasional, Gubernur Awang Faroek  meminta agar KONI daerah maupun KONI pusat bisa terus di dukung.

Sebab lanjut gubernur, KONI adalah mitra pemerintah yang bertanggung jawab untuk memberikan pertimbangan kepada pemerintah pusat maupun daerah dalam upaya memajukan olahraga di Tanah Air.

        "KONI harus benar-benar difungsikan dan berfungsi sebagai mitra pemerintah. KONI lah yang memberikan pertimbangan kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk melakukan pembinaan menuju prestasi tertinggi untuk bangsa di semua cabang olahraga," tegas Awang.

Selain itu, Gubernur Awang Faroek juga meminta agar setiap kepala daerah juga harus memberikan dukungan untuk kemajuan olahraga, termasuk perusahaan-perusahaan harus  berpartisipasi melalui program community social responcibility (CSR).

Gubernur Awang Faroek menjelaskan, hingga saat ini Kaltim sangat fokus untuk melakukan pembinaan atlet-atlet muda melalui berbagai media yang terencana dan berjenjang, salah satunya melalui Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI). Pada forum rapat anggota tahunan yang digelar pada siang harinya, Gubernur Awang Faroek pun telah menegaskan pentingnya melakukan pembinaan atlet-atlet muda dan tidak memperkenankan pembelian atlet-atlet yang sudah jadi hanya untuk meraih prestasi demi gengsi. Prestasi harus diraih dari pembinaan atlet-atlet muda secara terencana dan berjenjang.

        "Melalui pembinaan yang serius, Kaltim sudah membuktikan mampu menjadi provinsi terbaik diluar pulau Jawa di ajang pesta olahraga tertinggi nasional,  Pekan Olahraga Nasional (PON). PON XVII di Kaltim dan PON XVIII di Riau. Ini akan kami pertahankan dan terus ditingkatkan," bangga Awang Faroek.

        Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman mengungkapkan, KONI Award diberikan kepada dua gubernur yakni Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin. Kedua gubernur  dinilai memiliki dedikasi dan komitmen yang sangat tinggi untuk pembangunan olahraga di daerah dan nasional.

        "Para kepala daerah ini dipilih karena konsisten memberikan kontribusi dalam mewujudkan prestasi olahraga guna mengangkat harkat, martabat dan kehormatan bangsa di forum regional maupun internasional," ungkap Tono Suratman.

Penghargaan dari KONI ini menegaskan  bahwa, komunitas terbesar olahraga di Indonesia ini melihat sangat jelas komitmen kuat  Gubernur Awang Faroek Ishak  untuk pembinaan atlet-atlet muda demi peningkatan prestasi olahraga nasional. (sul/hmsprov)

//Foto: BANGKITKAN PRESTASI OLAHRAGA. Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman mendampingi Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dengan penghargaan yang diterima. (syaiful/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation