Awang Bersyukur Kampanye di Kaltim Berlangsung Tertib dan Aman

Awang Bersyukur Kampanye di Kaltim Berlangsung Tertib dan Aman

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersyukur pelaksanaan kampanye pemilihan umum legeslatif (Pileg), 16 Maret hingga 5 April lalu berlangsung lancar, aman dan tertib.

"Saya bersyukur masa kampanye selama tiga  minggu, secara umum  berlangsung baik, aman dan tertib. Setiap partai politik sudah berupaya maksimal untuk mengkampanyekan visi dan misinya dan menjaga konstituennya untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban," kata Awang Faroek Ishak, di Pendopo Lamin Etam, Senin (7/4). 

      Menurut gubernur, kondisi ini mengindikasikan bahwa  partai politik (Parpol) sudah lebih dewasa dan cerdas memaknai demokrasi. Karena itu, keamanan dan ketertiban yang sudah terjaga dengan baik selama masa kampanye harus terus dipertahankan.

      Dia juga mengimbau para pimpinan Parpol dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga tahapan demokrasi ini agar dapat berlangsung tertib, aman dan lancar. "Saya berharap pemungutan suara 9 April juga berjalan  aman, tertib, jujur, adil dan rahasia," ujarnya.

Kepada para generasi mudah gubernur mengingatkan agar tidak lupa untuk mengunakan hak pilihnya dan tidak Golput. Gubernur berharap tingkat partisipasi masyarakat bisa mencapai angka diatas 70 persen.

      "Siapapun yang terpilih harus kita dukung, karena mereka adalah wakil rakyat yang dipilih rakyat," tegas Awang.

      Setelah menggunakan hak pilih, Gubernur Awang Faroek dijadwalkan melakukan peninjauan TPS-TPS di Samarinda maupun di Kutai Kartanegara (Kukar). Sedangkan Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman dan Kapolda Kaltim Irjen Dicky A Totoy  akan melakukan peninjauan ke TPS-TPS di kota Balikpapan dan Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU).              

Sementara itu Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi  mengingatkan para PNS agar tidak Golput. PNS juga diharapkan ikut mengarahkan agar anak maupun istri dan tetangga  di sekitar mereka datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih. Selain mewanti-wanti tidak Golput saat Pemilu nanti, Sekprov juga berharap para PNS dapat memilih caleg yang bersih dan cerdas, serta mencoblos dengan benar.

      "Seluruh PNS hendaknya bisa menyalurkan hak politiknya dengan baik dan PNS harus menjadi contoh dan harus ikut dan berperan menyukseskan pemilu dengan memilih wakil rakyat sesuai pilihannya," ujarnya. (sar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait