Awang: Brimob Menjadi Barisan Terdepan Menjaga Kamtibmas

Peresmian Rumah Dinas Brimob Polda Kaltim


SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Kaltim merupakan barisan terdepan dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di Kaltim.


“Brimob menjadi barisan paling depan dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di Kaltim. Hal itu dapat dilihat dari berbagai konflik yang terjadi di sejumlah daerah, antara lain Kota Tarakan dan Kutai Barat, dimana Satuan Brimob selalu menjaga stabilitas keamanan di daerah ini,” ujar Gubernur pada Peresmian Rumah Dinas Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Kaltim, di Samarinda Seberang,  Kamis (21/2).


Menurut dia, tugas dan tantangan Brimob dimasa sekarang dan akan datang semakin berat dan rawan. Sumber konflik sangat beragam, misalnya pertikaian antara etnis, agama, ras antargolongan, kesenjangan sosial, kemiskinan dan pengangguran serta masalah agraria, yakni tumpang tindih perijinan lahan. Semua harus bisa diantasipasi dengan kewaspadaan dini.


“Isu-isu yang terjadi harus disikapi dengan kewaspadaan dini, dan penanganan terhadap konflik yang terjadi semuanya harus selalu mengedepankan dialog atau penyelesaian secara alternatif,” jelasnya.


Terkait dengan peresmian Rumah Dinas Batalyon B Pelopor Brimob Polda Kaltim, Gubernur mengungkapkan bahwa itu merupakan bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan anggota Brimob yang harus dilaksanakan. Untuk itu, lanjut dia, Pemprov juga memberikan dukungan penuh terhadap upaya yang dilakukan Satuan Brimob Polda Kaltim.


“Dukungan Pemprov, tidak usah diminta asal kami diinformasikan maka akan ditindaklanjuti. Saya berencana akan mengumpulkan direksi perusahaan (obvitnas) bersama dengan Pemprov dan Polda, dalam rangka melakukan koordinasi dan komunikasi. Karena di Palembang, patungan dari perusahaan-perusahaan dapat membangun fasilitas bagi Satuan Brimob,” ungkapnya.


Gubernur juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Satuan Brimob Polda Kaltim, yang telah memberikan penghargaan kepada dirinya sebagai warga kehormatan Brimob Polda Kaltim, yang diserahkan beberapa bulan lalu.


“Warga kehormatan Brimob ini tidak sembarangan diberikan, sehingga merupakan suatu kehormatan yang besar bagi saya, karena itu juga saya berani memakainya,” ucapnya.


Sementara itu, Kapolda Kaltim, Irjen Polisi Anas Yusuf, mengatakan mengikuti perkembangan dan tuntutan masyarakat mengenai pentingnya keamanan dan ketertiban (kamtibmas) yang harus dijaga dan dipelihara, juga harus diimbangi dengan pemenuhan sarana dan prasarana bagi anggota Satuan Brimob Polda Kaltim.


“Dari 1.029 orang anggota Brimob Polda Kaltim, hanya 30,6 persen yang tertampung di asrama sisanya masih menumpang ataupun menyewa rumah. Dibangunnya rumah dinas ini adalah dalam rangka meningkatkan motivasi dan etos kerja, serta kesejahteraan anggota Brimob. Hal ini dimulai sejak 2010 dan mulai memberikan manfaat serta nilai tambah bagi anggota Brimob,” katanya.


Terkait kondisi keamanan di Kaltim, menurut Anas, 2013 merupakan tahun politik dimana akan dilaksanakan Pilkada Gubernur dan Bupati disejumlah kabupaten di Kaltim yang mengandung potensi konflik cukup tinggi. Dia meminta agar strategi dan koordinasi lintas sektoral dari seluruh pemangku kepentingan termasuk pranata adat harus terus ditingkatkan.


“Kita ingin menjaga dan memelihara suasana kondusif di Kaltim, peran serta seluruh elemen masyarakat juga harus ditingkatkan, demi terciptanya kelancaran pelaksanaan roda pembangunan dan pemerintahan di Kaltim,” harapnya.


Rumah dinas yang diresmikan Kapolda Irjen Polisi Anas Yusuf berjumlah 20 unit dengan tipe 45 yang terletak di Mako Batalyon B Pelopor Brimob Polda Kaltim. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berkesempatan melakukan pengguntingan pita dan menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada anggota Batalyon B Pelopor Brimob Polda Kaltim. (her/hmsprov).

////Foto : Gubernur Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Kapolda Kaltim Irjen Polisi Anas Yusuf (kanan) dan Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Leo Bona Lubis (kiri) menggunting pita dan menyerahkan kunci secara simbolis kepada anggota Brimob yang akan menempati rumah tersebut.(johan/humasprov kaltim) 

 

Berita Terkait
Government Public Relation