Awang: DOB Agar Rakyat Lebih Sejahtera

KUTAI BARAT – Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB)  akan membawa banyak dampak bagi masyarakat yaitu peningkatan pelayanan publik, pemerataaan pembangunan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengelolaan sumber daya alam yang baik dan tumbuhnya demokratisasi.

Hal itu dikatakan Gubernur Kaltim, Dr, H Awang Faroek Ishak di hadapan pejabat dan petinggi serta  masyarakat Kutai Barat dalam Rakor Persiapan Peresmian Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Mahakam Ulu, yang berlangsung di Lamin Adat Bahau, Kawasan Budaya Kutai Barat, Kamis (14/2).

“Kita perlu menyadari bahwa tujuan pemekaran daerah otonomi baru adalah semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tegas Awang Faroek.

Dijelaskannya, Pemprov Kaltim bersama Pemkab  Kutai Barat bertekad dan sepakat untuk mempercepat pembentukan perangkat Pemkab Mahakam Ulu ini.

Kabupaten Mahakam Ulu memiliki lima buah kecamatan, yaitu Kecamatan Long Hubung, Laham, Long Pahangai, Long Bagun dan Long Apari dengan luas 15.315 kilometer persegi, 49 desa  dan  jumlah penduduk sebanyak 27.923 jiwa.

Awang Faroek meminta Kabupaten Kutai Barat sebagai kabupaten induk  memperhatikan secara seksama batas-batas  wilayah  dengan kabupaten, provinsi  dan negara lain. 

Kabupaten Mahakam Ulu akan berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat dan Malinau. Selain itu berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Barat serta berbatasan langsung dengan Malaysia Timur.

“Batas wilayah ini harus dirundingkan dengan pihak-pihak terkait. Jangan sampai konflik komunal terjadi saat kabupaten  baru terbentuk,” pinta Awang.

Untuk itu, Awang Faroek meminta kepada pihak-pihak yang memiliki batas pemerintahan untuk dapat berpegang pada peta Bakosurtanal dan peta geo spasial yang akurat.

“Saya inginkan dengan adanya  Kabupaten Mahakam Ulu ini dapat membuka isolasi wilayah-wilayah terpencil. Saya harapkan dalam lima tahun ke depan tidak ada lagi daerah terisolir,” harapnya. (yul/hmsprov)

Foto: Kedatangan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak disambut Bupati Kubar Ismael Thomas. (yuliawan/humasprov kaltim).

Berita Terkait