Awang Faroek Ishak Hadiri Rakornas TPID 2016


JAKARTA - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pada Kamis (5/8) menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) VII Tim Pengendalian Inflasi daerah (TPID) 2016 guna melakukan Sinkronisasi Kebijakan Pusat dan daerah guna mempercepat Pembangunan Infrastruktur dan pembenahan Tata Niaga Pangan di Jakarta.

Dalam Rakornas yang dipimpin Presiden Joko Widodo itu,  Awang Faroek Ishak,  mengatakan Presiden Jokowi menyampaikan kepada seluruh kepala daerah provinsi dan kabupaten atau kota untuk melakukan pengendalian inflasi.

Soal pengendalian inflasi terdapat empat kunci yang harus dilakukan masing-masing daerah, yakni penyediaan anggaran,  pengendalian harga, bila perlu  lakukan intervensi untuk menghindari gejolak harga. Kemudian jajaran pemerintah daerah, termasuk  aparat  kepolisian, Kejaksaan dan Bank Indonesia secara rutin melakukan pemeriksaan pasokan bahan pokok di gudang penyimpanan.

“Selain itu harus memastikan transportasi di daerah maupun antardaerah selalu lancar dan menjaga distribusi pasokan barang. Secara khusus, Presiden Jokowi menekankan pentingnya pengendalian inflasi," kata Awang Faroek.

Menanggapi Inflasi di Kaltim, Awang mengatakan bahwa inflasi yang terjadi di Kaltim pada Juli 2016 sebesar 0,56 persen. Kaltim berhasil menekan angka inflasi yang sebelumnya pada bulan juni lalu laju inflasinya mencapai 1,09 persen.

"Program pengendalian inflasi oleh TPID Kaltim sudah cukup efektif menekan angka inflasi. Koordinasi dan kerjasama dengan pihak terkait terus dilakukan untuk memastikan ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi pangan pokok, penyediaan infrastruktur dan sarana logistik," katanya. (rus/es/humasprov).

Berita Terkait