Awang Faroek: Penghargaan Ini untuk Rakyat Kaltim

Awang Faroek: Penghargaan Ini untuk Rakyat Kaltim

 

JAKARTA–Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mempersembahkan penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014 kepada seluruh rakyat Kaltim yang telah membantu pemerintah daerah untuk memberikan dukunganyang sangat baik bagi pelaksanaan tugas jajaran TNI.

“Saya kira penghargaan ini, merupakan bentuk pengakuan jajaran TNI dengan nilai positif terhadap kinerja Pemprov  yang didukung oleh warga Kaltim untuk mendukung kemampuan operasi TNI di lapangan,” kata Awang Faroek Ishak, usai menerima penghargaan dari Panglima TNI  Jenderal Moeldoko,  di Markas Besar TNI Cilangkap, Minggu malam (12/10).

Sebagai bentuk pernghargaan terhadap anugrah itu pula, Gubernur Awang Faroek Ishak yang masih menjalani rawat jalan di Jakarta, menyempatkan diri untuk menghadiri kegiatan tersebut. “Ini penghargaan buat rakyat Kaltim, sehingga saya berusaha hadir langsung, meskipun masih dalam pemulihan kesehatan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengucapkan terimaksih atas dukungan seluruh warga Kaltim yang telah berpartisipasi dalam berbagai program pembangunan daerah, khususnya yang berkaitan dengan sejumlah kebijakan untuk membantu jajaran TNI menjalankan tugas di lapangan.

Berbagai kebijakan yang dilakukan Gubernur Awang Faroek Ishak untuk membantu TNI, yakni sejak menjadi Bupati Kutai Timur, menyiapkan lahan untuk latihan perang gabungan TNI di kawasan Sekerat. Kawasan tersebut menjadi tempat latihan paling ideal bagi TNI.

Selanjutnya kebijakan tersebut dilanjutkan Awang Faroek Ishak saat menjabat sebagai Gubernur Kaltim sejak enam tahun terakhir, yakni bekerja sama dengan  jajaran TNI membangun tiga Bandar Udara di kawasan perbatasan.

Peningkatan tiga Bandara itusecara langsung juga akan mendukung pelaksanaan tugas TNI. Dengan panjang dan lebar landasan yang lebih baik, tiga Bandara itu nantinya diharapkan dapat didarati pesawat berbadan lebar. Khususnya jenis Hercules sehingga mampu mendukung gerak pasukan TNI di kawasan perbatasan Kaltim dengan negara tetangga Malaysia di Kutai Barat, Nunukan dan Malinau.

Bukan itu saja, Pemprov Kaltim juga  membantu jajaran RRI dan TVRI, dengan membantu peningkatan jangkauan kedua lembaga penyiaran publik tersebut,  sehingga bisa mengudara dengan lebih luas dan dapat disaksikan  dan didengar masyarakat di kawasan pedalaman dan perbatasan.

Dengan bantuan tersebut, berbagai pesan pembangunan dan penguatan idiologi bangsa bisa diterima warga Indonesia di perbatasan dan pedalaman, melalui sejumlah siaran yang disampaikan RRI dan TVRI.

Bahkan dengan kebijakannya, Gubernur Awang Faroek Ishak telah memberikan bantuan berupa helikopter untukjajaran Kodam VI Mulawaman yang diharapkan mampu mendukung gerak jajaran TNI di lapangan.

Tidak kalah pentingnya adalah suasana kondusif yang selama ini dirasakan seluruh warga Kaltim yang terdiri dari berbagai suku dan etnis, merupakan bentuk dukungan yang luar biasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam prosesi pemberian penghargaan tersebut, Gubernur Awang Faroek Ishak didampingi Plt Sekprov Kaltim, Dr Rusmadi serta  Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, S Adiyat. (santos/sul/hmsprov).

/////Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak berdiskusi serius dengan Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Isu-isu strategis khususnya tentang pembangunan kawasan perbatasan menjadi menjadi perhatian serius keduanya. (fadliansyah/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation