Awang: Harus Amanah dan Profesional

Meiliana Pj Walikota Samarinda

SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak resmi melantik Penjabat (Pj) Walikota Samarinda Dr Meiliana di Pendopo Lamin Etam Samarinda. Awang meminta agar Pj Walikota profesional dalam bekerja, terutama mampu menjalin kemitraan dengan DPRD Kota Samarinda, sehingga roda pemerintahan berjalan baik beberapa bulan ke depan hingga terpilihnya walikota definitif.

Dengan melaksanakan amanah yang profesional diharapkan penyelenggaraan birokrasi pemerintah di Samarinda berjalan baik dan bersih serta berwibawa. Sehingga ketika selesai menjalankan tugas dan tanggungjawab di daerah dapat dilanjutkan dengan Walikota dan Wakil Walikota definitif.

“Untuk menyukseskan penyelenggaraan pemerintahan tersebut, koordinasi dan komunikasi wajib dilakukan Pj Walikota Samarinda bersama jajaran Pemerintah Kota dengan pemerintah provinsi maupun tokoh masyarakat hingga DPRD, sehingga penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik,” kata Awang Faroek Ishak ketika pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan penjabat Walikota Samarinda di Pendopo Lamin Etam Samarinda, Selasa (24/11).

Menurut dia, komunikasi yang baik tersebut diharapkan segera dilakukan  bersama seluruh pihak, terutama DPRD. Karena, dengan komunikasi yang baik berdampak pada penyelenggaraan pemerintahan yang semakin baik.

Hal ini pun yang telah dilakukan Walikota dan Wawali sebelumnya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik, bahkan meraih berbagai prestasi membanggakan, khususnya dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Kerjasama yang baik juga diharapkan terjalin baik dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) hingga di tingkat Kecamatan, Kelurahan hingga Rukun Tetangga (RT) di Samarinda. Hanya saja, yang terpenting adalah bagaimana menjalin kemitraan dengan wakil rakyat di daerah.

Karena, kerjasama yang baik dengan DPRD, maka Pemerintah Kota Samarinda dapat bekerja secara optimal. “Saya yakin program pembangunan dan roda pemerintahan berjalan baik, apabila kerjasama tersebut dapat terjalin dengan baik,” jelasnya.

Gubernur juga menyampaikan penghargaan kepada Walikota dan Wawali sebelumnya Syaharie Jaang dan Nusyirwan Ismail atas kinerja yang dilakukan selama memimpin Kota Samarinda. Diharapkan program kerja yang telah dibangun dapat dilaksanakan dan dilanjutkan Pj Walikota yang baru dilantik, sehingga penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik dan sukses.

“Atas nama Pemprov Kaltim berterimakasih atas jasa-jasa yang diberikan selama ini dalam memimpin Kota Samarinda dengan baik,” jelasnya.

Pj Walikota Samarinda Meiliana mengatakan siap melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan hingga terpilihnya Walikota definitif. Menurut dia, sesuai SK yang diterima dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, ada tiga prioritas program kerja yang harus dilaksanakan, yakni pertama menjalankan roda pemerintahan, kedua memfasilitasi terlaksananya Pilkada Serentak 2015 tertib, aman dan sukses dan yang ketiga adalah menjaga netralitas pegawai ASN dalam Pilkada 9 Desember 2015.

“Dalam melaksanakan amanah ini, segera mungkin saya akan melakukan koordinasi dengan semua pihak terutama SKPD. Bahkan sesuai arahan Gubernur, saya akan menjalin kemitraan dengan baik kepada DPRD Kota Samarinda, sehingga roda pemerintahan berjalan baik,” jelas Meiliana yang juga Asisten Bidang Administrasi Umum (Asisten IV) Setdaprov Kaltim.(jay/hmsprov)  

//Foto: SIAP BERTUGAS. Pj Walikota Samarinda Dr Meiliana dan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak usai pelantikan. (fajar/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait