Awang: Jangan Perusahaan Untung Tapi Rakyat Buntung

Gubernur Minta Perusahaan Anggarkan CSR Lebih Besar


SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan kepada seluruh perusahaan untuk melaksanakan program  Coorporate Social Responsibility (CSR) yang lebih besar dan menyentuh kebutuhan hidup masyarakat.   
Program CSR bisa dilakukan dengan memberikan beasiswa kepada anak-anak yang berada di lingkungan aktivitas perusahaan atau memberikan bibit tanaman bagi petani di sekitar perusahaan serta penyediaan listrik untuk rakyat. Bantuan-bantuan itu diyakini gubernur akan sangat bermanfaat bagi rakyat.  
“Jangan hanya melakukan aktifitas di lingkungan perkampungan masyarakat dan meraih untung saja, tetapi rakyat  justru buntung. Karena itu, saya berharap CSR yang diberikan harus  menyentuh kehidupan masyarakat,” kata Awang Faroek Ishak saat memberikan arahan pada penyerahan anugerah proper dan penghargaan lainnya di Lamin Etam Samarinda, Selasa malam (11/6).  
Gubernur berharap perusahaan bisa menyisihkan minimal 20 persen dari keuntungan perusahaan untuk CSR. Salah satunya bisa dialokasikan dalam bentuk penyediaan bibit tanaman kepada masyarakat di wilayah sekitar aktivitas perusahaan, baik tambang batu bara dan perkebunan.
Khusus untuk perusahaan perkebunan, Gubernur Awang Faroek juga kembali mengingatkan perusahaan perkebunan wajib melakukan program perkebunan plasma bagi rakyat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar perusahaan.
“Apabila tidak ada plasmanya, jangan harap gubernur mau datang meresmikan. Karena plasma itu untuk rakyat. Kalau perusahaan memberikan plasma maka rakyat juga ikut sejahtera. Jangan hanya perusahaan yang untung tapi rakyat buntung. Mudah-mudahan ini dapat diwujudkan,” tegas  Awang Faroek lagi. (jay/hmsprov).

///Foto : Awang Faroek Ishak
 

Berita Terkait
Government Public Relation