Awang Minta Camat Tuntaskan Perekaman e-KTP

PASER – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengimbau agar  para kepala desa dan camat selalu aktif mengajak masyarakat melakukan perekaman data elektronik KTP (e-KTP).
“Pemerintah memerlukan data e-KTP,  khususnya yang berkaitan dengan kependudukan. Informasi ini diperlukan terutama dalam mendukung penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah,” ujar Awang Faroek  pada setiap kesempatan bertemu sejumlah aparatur pemerintah selama kunjungan kerja di Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara, pekan lalu.
Menurut dia,  pemerintah saat ini telah menetapkan  berbagai kebijakan yang pro rakyat dan hasil perekaman data tersebut sangat berguna sebab akan diketahui jumlah penduduk usia produktif dengan ketersediaan kesempatan atau peluang kerja.
Walaupun Kaltim dikenal sebagai daerah yang memiliki sumber daya alam berlimpah namun perlu dibuat kebijakan yang benar-benar terarah guna memberdayakan masyarakat, sehingga pembangunan berimbas pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.
Keunggulan komparatif dan kompetitif  yang dimiliki Kaltim hendaknya mampu menjadikan daerah ini memiliki daya saing tinggi dari daerah lain. Karenanya, SDA haruslah dikelola secara optimal sesuai dengan kemampuan dan kualitas masyarakat.
“Jumlah penduduk Kaltim sudah hampir 4 juta jiwa dengan laju pertumbuhan mencapai 3,8 persen walaupun sekitar dua persen merupakan migrasi. Tentunya,  diperlukan data-data yang akurat mengenai penduduk agar pembangunan terarah dan  dirasakan masyarakat,” jelasnya.
Apalagi, pemerintah telah berkomitmen untuk memenuhi seluruh kebutuhan dasar masyarakat. Misalnya, sandang dan pangan serta papan, listrik dan air bersih terutama kesehatan dan pendidikan  maupun infrastruktur yang baik dan memadai.
Termasuk ketersediaan peluang dan kesempatan kerja bagi masyarakat angkatan kerja sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguraan baik di perkotaan maupun di perdesaan.
“Camat dan lurah sebagai aparat pemerintah paling bawah harus mampu memberikan pelayanan maksimal dan selalu memberikan kemudahan, termasuk mampu menuntaskan perekaman data melalui e-KTP,” harap Awang Faroek.(yans/hmsprov).

///Foto : Gubernur Awang Faroek memberikan pengarahan kepada para kepala desa di Kecamatan Long Kali saat Kunker di Kabupaten Paser.(rosihan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation