Awang: Olahraga Membentuk Jiwa dan Raga yang Sehat

 Sepeda Santai HUT Provinsi ke-56 dan TVRI Kaltim ke 20

 

SAMARINDA - Gubernur Awang Faroek Ishak meminta agar masyarakat, tidak terkecuali seluruh  pegawai negeri sipil (PNS) di Kaltim lebih giat berolahraga, termasuk  bersepeda.

“Saya sendiri setiap minggu selalu berolahraga, khususnya bersepeda. Sepeda adalah salah satu olahraga yang bisa diikuti semua lapisaan masyarakat. Bersepeda bukan olahraga mewah. Bersepeda akan membentuk jiwa dan raga yang sehat,” kata Awang Faroek,  usai bersepeda sehat bersama sekitar 1.200 peserta, di halaman  TVRI Kaltim, Kamis (24/1).

Olahraga akan membentuk jiwa dan raga yang sehat.  Dengan jiwa  dan raga yagn sehat itu, diharapkan kualitas sumber daya manusia Kaltim akan terus meningkat sehingga akan mampu mendukung proses pencapaian Kaltim menuju island of integrity.  

Apalagi, Pemprov sudah melaksanakan kebijakan percepatan pemberantasan korupsi di Kaltim. Salah satu tahapan yang sudah dilakukan adalah penandatanganan fakta integritas dan pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

“Bagaimana mungkin kita bisa menciptakan SDM yang berkualitas jika badannya tidak sehat. Karena itu, yang pertama harus kita bangun adalah SDM yang sehat dan saya yakin dari tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat,” jelasnya.

Awang juga meminta agar pemerintah kabupaten dan kota menyiapkan fasilitas bagi para pecinta sepeda. Fasilitas itu diantaranya jalur khusus di jalan raya bagi para pengguna sepeda, sehingga tidak mengganggu masyarakat pengguna jalan lainnya.  Kebijakan itu lanjut Awang sudah pasti akan mendukung program ramah lingkungan dan masyarakat yang sehat.  

“Saya berharap ini dapat dipikirkan dan direncanakan semua wali kota dan bupati untuk menyiapkannya. Seperti sudah dilakukan Pemkot Balikpapan,” ujar Awang.

Sementara itu, Dewan Pengawas LPP TVRI Hj Imas Sunarya berharap agar kegiatan sepeda sehat ini dapat terus dibudayakan, sehingga secara langsung juga berdampak pada kebersamaan pemerintah dan masyarakat.

“Sebagai mitra pemerintah, TVRI siap mendukung. Karena dengan sering dilakukan sepeda santai diharapkan tali silaturrahmi antara jajaran pemerintah dan masyarakat dapat terjalin baik, sehingga proses pembangunan akan mendapat dukungan masyarakat,” harapnya.

Hadir dalam sepeda sehat tersebut,  Sekprov Kaltim Dr Irianto Lambrie, Kepala BIN Kaltim Brigjen TNI M Sudarmo dan beberapa Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim serta Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismil.

Setelah bersepeda, Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Dewan pengawas LPP TVRI juga melakukan penanaman pohon Sirsak Madu di kawasan Kantor TVRI Kaltim Samarinda, Jalan M Yamin. (jay/hmsprov).

Foto : Gubernur Dr H Awang Faroek Ishak (tiga dari kiri) dan Sekprov Kaltim Dr H Irianto Lambrie (tiga dari kanan) siap mengayuh sepeda pada kegiatan sepeda sehat yang digelar TVRI Kaltim.(jaya/humasprov kaltim)

Berita Terkait