Awang: Pemprov Konsisten Mendukung Pembinaan Olahraga

Kejurda Seri III IMI Kaltim AFI Cup 2013


SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan Pemprov Kaltim konsisten membangun dunia keolahragaan demi kejayaan prestasi olahraga Kaltim di tingkat nasional maupun internasional.  
Sebagai bukti adalah keberhasilan  atlet Kaltim pada PON XVIII 2012 Riau membuahkan hasil yang membanggakan, yaitu mampu meraih posisi lima besar dan merupakan provinsi terbaik di luar Pulau Jawa.
“Konsistensi Pemprov mewujudkan prestasi olahraga, jangan ditanya lagi.  Pemprov Kaltim sangat mendukung, terutama dalam hal pembinaan. Bukan hanya balap motor, tetapi seluruh cabang olahraga kita dukung. Terbukti prestasi olahraga Kaltim dalam tiga tahun terakhir menunjukkan hasil membanggakan,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak diwakili Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga H Ego Arifin usai melepas Kejuaraan Daerah (Kejurda) Seri III Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kaltim yang memperebutkan Piala Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak 2013 di Sirkuit Kalan Samarinda Seberang, Sabtu (18/5).
Menurut Ego, sukses prestasi tersebut tidak sama dengan yang diraih provinsi lain di Indonesia. Dia menyebut, provinsi mana yang ada melibatkan peran semua pihak dalam mendukung prestasi olahraga di daerah, terutama dukungan pengusaha, kecuali Kaltim.
"Ini semua berkat inisiatif Gubernur Awang Faroek Ishak, sehingga seluruh pihak mendukung pembinaan olahraga di Kaltim. Mulai dari program bapak angkat hingga sebagai Ketua Pengurus Provinsi. Semua pihak dilibatkan, terutama pengusaha yang perusahaannya beraktivitas di daerah,” jelasnya.
Selain itu,  Ego menyebutkan, gubernur sangat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan Kejurda Balap Motor tersebut. Sebab, tujuan dari penyelenggaraan ini adalah untuk membina generasi muda daerah agar bisa menyalurkan bakat  mereka di bidang adu kebut motor tersebut.
Bukan hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mengurangi tingkat kenakalan remaja, khususnya balapan liar di jalan. Melalui kejuaran ini,  generasi muda Kaltim diharapkan mampu meningkatkan prestasi mereka.
“Kami berharap melalui kejuaraan ini generasi muda bisa menunjukkan bakatnya di arena yang resmi sesuai standar nasional. Karena itu, diharapkan Pengprov Cabor Balap Motor dan klub-klub motor di Kaltim dapat memanfaatkan sirkuit ini, sehingga pembinaan atlet balap motor terus dilaksanakan, meski tidak ada even atau kejuaraan yang levelnya tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.
Ketua Pengprov IMI Kaltim Hj Sy Fitriah Alaydrus mengatakan tujuan Kejurda adalah untuk meningkatkan prestasi pembalap di Kaltim, baik pemula maupun senior. Kejurda tersebut adalah Seri III yang diprogramkan Pengprov IMI dari VI Seri.
“Ini program rutin kami setiap tahun yang kemudian dilaksanakan klub-klub yang terdaftar dalam Pengprov IMI Kaltim. Selain bertujuan untuk meningkatkan prestasi atlet balap motor di daerah, juga memberikan peluang kepada atlet agar bisa menambah poin dari setiap kejuaraan yang digelar Pengprov melalui klub-klub," katanya.
Poin tersebut akan dikalkulasikan diakhir tahun. Kemudian siapa yang tertinggi dari masing-masing kelas, tentu mendapat penghargaan, yakni gratis mengikuti even selama setahun ke depan,” jelasnya.
Hal itu, merupakan bukti pembinaan yang dilakukan Pengprov IMI Kaltim, sehingga prestasi atlet balap motor di daerah ini terus membaik. Menurut dia, kejuaraan tersebut juga didukung Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Ini dilakukan gubernur, karena peduli dengan kreativitas generasi muda untuk menunjukkan bakat, khususnya di balap motor.
Diharapkan, peserta dapat menjunjung tinggi sportivitas dan menjaga kondisi tubuh, sehingga selalu prima  selama mengikuti kejuaraan. “Dukungan Gubernur Awang Faroek Ishak adalah bukti bahwa beliau peduli dengan dunia olahraga, khususnya balap motor. Diharapkan, dengan kepedulian tersebut prestasi atlet balap motor ke depan dapat lebih baik,” jelasnya.
Kejurda ini diikuti 494 peserta. Dengan mempertandingkan 13 kelas yang, yakni tujuh kelas MP I-VII dan enam sporting kelas khusus dua tak. (jay/hmsprov).

///Foto : Peserta Kejurda Seri III IMI Kaltim AFI Cup 2013 menggeber laju tunggangan mereka. Dari ajang ini diharapkan atlet berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.(norjaya/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation