Awang: Selamat Bertanding Junjung Tinggi Sportivitas

Pembukaan O2SN  


BALIKPAPAN- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjuk Kaltim sebagai tuan rumah pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013. Kepercayaan ini menjadi kebanggaan, sekaligus momentum yang baik bagi para pelajar Kaltim untuk meningkatkan prestasi.   
“Sukses penyelengaraan dan prestasi O2SN  akan berdampak positif pada dunia pendidikan khususnya bidang olahraga di tingkat nasional maupun  internasional,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak saat membuka O2SN di Gedung Dome Balikpapan, Senin (7/1).  
Menurut gubernur,  O2SN  merupakan kegiatan berskala besar yang patut disukseskan bersama, meliputi sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses pemberdayaan siswa, sehingga akan berdampak positif terhadap pembangunan dunia pendidikan dan kehidupan masyarakat.
“Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menetapkan Kaltim sebagai tuan rumah O2SN yang dilaksanakan sejak 30 Juni hingga 6 Juli 2013,” katanya.
Kegiatan ini lanjut Awang, sangat baik untuk melatih sportivitas, tanggung jawab, mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga, sehingga mampu meraih prestasi setinggi-tingginya, tidak hanya pada level nasional, tetapi hingga prestasi dunia.
Ajang 02SN juga merupakan kegiatan yang dapat menegakkan pendidikan karakter untuk meningkatkan nasionalisme para peserta, pasalnya ketika semua pelajar saling bertemu, mereka akan memberikan kesadaran NKRI yang semakin kuat sehingga menjadikan jati diri yang baik sebagai bangsa Indonesia.     
Selain itu,  olimpiade olahraga ini ditujukan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi siswa terhadap bidang olahraga,  meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif,  meningkatkan kesehatan jasmani, dan menciptakan kondisi kompetitif secara sehat.
Sementara itu Wakil Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan  Musliar Kasim pada kesempatan itu memuji kiprah Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak yang peduli serta konsisten membangun pendidikan dan olahraga.
“Tidak salah O2SN Kaltim  ditunjuk sebagai tuan rumah, Karena Pemprov Kaltim  sangat luar biasa mendukung  kegiatan ini,” kata Musliar Kasim.
Kepedulian gubernur dalam pembangunan keolahragaan di daerah bukan omong kosong. Salah satu buktinya adalah pendirian Sekolah Khusus  Olahraga Internasional (SKOI). 500 siswa yang belajar mendapatkan pembiayaan penuh melalui  beasiswa Kaltim Cemerlang.    
“Gubernur Awang  Faroek adalah olahragawan sejati. Dia memberikan dukungan penuh  pada setiap momen  olahraga sehingga olahraga Kaltim maju terus,” puji Wamendikbud lagi.    
Kegiatan O2SN di Kaltim digelar di dua daerah, yakni Balikpapan dan Samarinda. O2SN yang digelar di Balikpapan untuk jenjang SD dengan cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan adalah semua jenis lomba (11 Cabor) dengan jumlah peserta sebanyak  2.137 siswa.
Sementara untuk jenjang SMA, dipertandingkan cabang bulu tangkis, karate, pencak silat dan tenis meja dengan atlet sebanyak 810 orang.  Tingkat SMK meliputi cabang catur, tenis meja, bola voli, dan bulu tangkis diikuti sebanyak 715 orang.  Jenjang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar (PKLK Dikdas) semua cabang lomba dengan peserta sebanyak 817 orang. Jenjang PKLK Pendidikan Menengah (Dikmen), semua cabang lomba digelar di kota minyak itu dengan peserta yang terlibat sebanyak 652 orang.  
Sedangkan di Kota Samarinda digelar O2SN untuk jenjang SMP meliputi cabang atletik, renang dan bola voli dengan peserta sebanyak 907 orang. Tingkat SMA cabang atletik sebanyak 308 orang dan Tingkat SMK cabang bola basket sebanyak 407 orang. (sar/hmsprov).

///Foto : Dari kanan Gubernur Dr H Awang Faroek Ishak, bersama Wamen Dikbud Musliar Kasim dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kaltim Hj. Dayang Budiarti serta Walikota Balikpapan H Rizal Effendi pada pembukaan O2SN.(fajar/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation