Awang: Tahun Depan Sebaiknya Pencetakan Diserahkan Daerah

Gubernur Tinjau UN di Samarinda

 

SAMARINDA - Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan Jumat (19/4) di seluruh kabupaten dan kota di Kaltim berjalan lancar. Informasi ini dilaporkan Panitia UN Kabupaten dan Kota. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak  menyambut baik kabar ini.

“Jadi, mulai tadi malam, ketika saya di Balikpapan hingga jam setengah satu, saya sudah keliling memantau persiapan ujian. Mulai dari SMAN 1 Balikpapan, SMAN 2 dan Kantor Disdik Balikpapan. Kemudian, pagi ini saya di SMAN 1 Samarinda, semua berjalan lancar,” kata Awang Faroek Ishak usai meninjau pelaksanaan UN di Samarinda, Jumat (19/4).

Dia berharap hingga berakhirnya pelaksanaan UN tahun ini, tidak ada kendala meski  pelaksanaan UN tahun ini tergolong rumit. Karena dalam setiap berkas amplop ujian soalnya berbeda, maka panitia dan pengawas ujian diminta berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan.

Awang menilai, meski lembar soal tidak semua mendapatkan yang asli, namun penggandaan berjalan lancar. Bahkan, panitia yang menggandakan juga diberikan surat tugas oleh pihak Dinas Pendidikan, sehingga identitas petugas tersebut dapat diketahui.   

“Saya melihat, semua petugas bekerja baik. Memang, dari masing-masing daerah, ada yang masih mengalami kendala, khususnya di Nunukan. Tetapi, sudah bisa ditangani. Bahkan, penggandaan soal telah dilakukan dari Tarakan dan pagi ini sudah ada di Nunukan di masing-masing sekolah,” jelasnya.

Meski tertunda pelaksanaan ujian hingga pukul 08.30, namun UN tetap berlangsung. Selanjutnya Gubernur Awang Faroek menyarankan agar ada evaluasi pelaksanaan tahun ini. Pemprov Kaltim juga  akan meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional agar pencetakan soal  pada tahun berikutnya diserahkan kembali ke daerah.

Menurut dia, tahun sebelumnya ketika diserahkan ke masing-masing daerah, pelaksanaan berjalan lancar

“Negara kitakan luas, termasuk Kaltim. Saya mengusulkan, agar pencetakan dapat diserahkan kepada daerah. Dengan demikian daerah bertanggungjawab atas proses pencetakan soal tersebut,” jelasnya. (jay/hmsprov)

Foto : Gubernur Dr H Awang Faroek Ishak dan Kepala Dinas Pendidikan Kaltim bersama sejumlah siswa SMA Negeri I Samarinda usai melaksanakan Ujian Nasional Hari Pertama.(fajar/humasprov katim)

Berita Terkait