Awang: Teruskan Perjuangan para Pahlawan

Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-69

SAMARINDA–Dalam momentum peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 tahun ini, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak  menegaskan seluruh komponen masyarakat wajib meneruskan perjuangan luhur para pahlawan.

Menurut gubernur, pahlawan berjuang dengan semangat yang luar biasa tanpa pamrih bahkan rela mengorbankan jiwa dan raga hanya untuk merdeka. “Pahlawan telah berjuang demi kemerdekaan dan kita wajib meneruskannya dengan membangun negeri ini,” ujarnya. Hal tersebut ditegaskan Gubernur Awang Faroek Ishak usai memimpin peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-69 di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Minggu (17/8).

Gubernur menambahkan, semangat perjuangan para pahlawan mencapai dan mempertahankan kemerdekaan harus menginspirasi seluruh komponen masyarakat dan jajaran pemerintah untuk bersama-sama membangun negeri ini agar pantang menyerah untuk mencapai yang terbaik.

Jaman perjuangan melawan penjajah saat itu para pahlawan berjuang tanpa kenal lelah bahkan harta benda dan jiwa raga dipertaruhkan. “Terlepas dari penjajah merupakan target mereka. Sekarang kita harus mengisi kemerdekaan ini untuk kemajuan bangsa,” tegas Awang.

Saat sekarang ini lanjut Awang, pemerintah khususnya Pemprov Kaltim telah menetapkan berbagai kebijakan dengan program-program prioritas pembangunan guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat agar lebih baik dan sejahtera.

Walaupun kemajuan daerah yang diperoleh terasa lambat terutama untuk kawasan pedalaman dan daerah terpencil serta perbatasan dan tertinggal. Namun Gubernur meyakinkan pemerintah terus berjuang untuk melakukan pembangunan dan pengembangan daerah.

“Pembangunan yang kita laksanakan sekarang ini tidaklah seperti membalikkan kedua tangan. Namun, yakinlah masyarakat bahwa kami akan terus berupaya mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat akan kita capai bersama-sama,” jelasnya.

Komitmen pemerintah ini ujar Awang dapat terwujud kalau seluruh komponen di daerah secara bersama-sama mendukung dan terlibat dalam membangun, terutama tetap memelihara kondusifitas daerah yang selama ini telah tercipta dengan sangat baik.

“Kaltim termasuk Kaltara merupakan daerah yang sudah dikenal sebagai wilayah yang aman dan damai serta kondusifitasnya terus terpelihara. Kondisi ini merupakan modal dasar bagi kita untuk melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan,” ujar Awang Faroek.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-69 di Stadion Madya Sempaja Samarinda dihadiri seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kaltim dan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal serta Walikota Samarinda H Syaharie Jaang dan Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail beserta istri.

Tampak hadir pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda serta seluruh camat dan lurah se-Kota Samarinda. Peserta upacara diikuti ribuan peserta terdiri dari TNI/Polri dan mahasiswa, pelajar serta organisasi kemasyarakatan. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation