Awang: Tingkatkan Hubungan Baik Pemprov dan Polda

Kapolda Baru Bersilaturahmi dengan Gubernur

 

SAMARINDA – Kepolisian Daerah (Polda) bersama dengan jajaran TNI menjadi yang terdepan dalam upaya menjaga stabilitas keamanan di Kaltim. Karena itu Pemprov terus berupaya membina dan meningkatkan hubungan baik yang telah terjalin selama ini, dengan  terus memberikan dukungan kepada jajaran kepolisian dan TNI

Demikian diungkapkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menerima Kapolda Kaltim Irjen Pol Andayono yang didampingi Kapolresta Samarinda Kombes Pol Antonius Wisnu Sutirta beserta jajaran Polda Kaltim, di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (9/9).

“Selama menjabat gubernur, sudah lima kali Kaltim berganti Kapolda. Hubungan antara Pemprov dengan Polda sangat baik, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Kaltim dan Kaltara. Dengan momentum pergantian Kapolda ini, hendaknya dapat lebih meningkatkan hubungan antara kedua belah pihak,” kata gubernur.

Awang Faroek menjelaskan selama ini di Kaltim, Pemprov bersama dengan jajaran TNI dan Polri serta didukung dengan keberadaan lima forum sebagai mitra pemerintah, telah berhasil menjaga stabilitas keamanan sehingga suasana di daerah ini sangat kondusif. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap iklim investasi dan keberlangsungan pembangunan.

Kelima forum tersebut, yakni Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Komunikasi Pembauran Kebangsaan (FKPK), Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dan Forum Komunikasi Pengusaha (FPKP).

“Selama ini, konflik horisontal yang terjadi di lingkungan masyarakat berhasil ditangani dengan baik. Mulai dari kasus Tarakan, Balikpapan dan Kutai Barat, semua dapat diselesaikan dan tidak sampai menyebar ke wilayah lain di Kaltim. Hal ini tidak lepas dari kerjasama dan koordinasi yang baik antara Pemprov, TNI dan Polri, lima forum mitra pemerintah dan kabupaten/kota serta dukungan seluruh warga Kaltim,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Pol Andayono mengatakan Polda Kaltim akan terus membina dan meningkatkan hubungan baik antara kedua belah pihak, khususnya dalam upaya menjaga memelihara situasi kondusif di Kaltim. Terlebih dalam waktu dekat, tepatnya pada 15 September 2014, Kaltim akan kedatangan kepala negara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan meresmikan sejumlah proyek MP3EI di daerah ini.

Diketahui, Kapolda Kaltim yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Dicky Daantje Atotoy digantikan Irjen Pol Andayono yang sebelumnya menjabat Wakil Inspektorat Pengawasan Umum (Wairwasum) Polri. Sedangkan Irjen Pol Dicky Daantje Atotoy bertukar posisi menjadi Wairwasum Polri. Pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Rabu (3/9). (her/es/hmsprov).

///FOTO :  Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melakukan salam komando dengan Kapolda Kaltim Irjen Pol Andayono.(johan/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation