Awang: Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan

Gubernur Irup Peringatan HUT Provinsi Kaltim Ke-57

SAMARINDA - Provinsi Kalimantan Timur genap berusia 57 tahun. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) provinsi kaya sumber daya alam ini ditandai dengan upacara peringatan  di Stadion  Utama Kaltim Palaran Samarinda, Kamis (9/1).  Gubernur Awang Faroek Ishak bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada upacara peringatan yang juga dihadiri para kepala pemerintahan kabupaten/kota di Kaltim dan Kaltara.
Acara juga dihadiri para pegawai di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan sekitar 25.000 undangan dari para pelajar dan masyarakat umum. Pada momen penting tersebut, Gubernur Awang Faroek Ishak mengajak seluruh komponen masyarakat Kaltim untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta ikut menjaga stabilitas keamanan daerah.
"2014 merupakan tahun politik dengan sejumlah agenda demokrasi. Kondusifnya iklim di masyarakat sangat kita harapkan demi sukses agenda-agenda demokrasi tersebut," kata Awang Faroek.
Selain itu, Gubernur Awang Faroek juga mengajak masyarakat untuk menghindari tindakan atau isu-isu yang tidak bertanggung jawab, fitnah, gesekan, adu domba yang bernuansa politik maupun yang bersinggungan dengan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) yang dapat memecah belah, memicu permusuhan, pertikaian dan perbuatan anarkis, hingga ancaman disintegrasi bangsa.
"Kaltim yang kondusif  ini  harus kita bangun dan kita bina secara arif dan bijaksana. Untuk itu, saya mengajak seluruh jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan kinerja, pengabdian dan pelayanan yang terbaik kepada mayarakat," ujarnya.
Selain itu, gubernur yang kini didampingi Mukmin Faisyal sebagai wakil gubernur itu, mengajak masyarakat untuk bekerja sungguh-sungguh dan berpartisipasi membangun Kaltim sesuai profesi masing-masing.  
Gubernur juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Pemprov Kaltim yang telah menunjukkan kinerja pemerintah yang terus membaik dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Bukti dari kinerja positif itu tergambar jelas dari prestasi Pemprov Kaltim yang dalam lima tahun berturut-turut sejak tahun 2009 hingga 2013 berhasil menempati peringkat tertinggi nasional dalam penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).
Selain itu, untuk pertama kalinya pada penghujung tahun 2013 lalu, Pemprov Kaltim berhasil meraih penilaian terbaik opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk laporan pengelolaan keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2012.
Sebelumnya tahun 2011 Pemprov Kaltim hanya mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).  "Karena itu, predikat WTP yang baru kita terima itu merupakan penghargaan tertinggi yang harus dapat kita pertahankan terus di tahun-tahun selanjutnya," pinta Awang.
Peringatan HUT Provinsi Kaltim Ke-57 kemarin juga dimeriahkan tampilan artis-artis ibukota dan atraksi terjun payung dari sembilan anggota TNI dan membuat decak kagum ribuan undangan yang memenuhi stadion terbesar di Kaltim yang pertama digunakan saat digelar PON 2008 itu. (sar/hmsprov).

//Foto: HUT KE-57. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (kedua dari kiri), Wagub H Mukmin Faisyal (kiri), Sekprov Dr H Irianto Lambrie (Pj Gubernur Kaltara) dan Ketua DPRD Kaltim H Syahrun sesaat dilaksanakannya upacara peringatan HUT ke-57 Provinsi Kaltim di Stadion Palaran Samarinda. (syaiful/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation