Awang: Tingkatkan Status Menjadi IAIN Jadi UIN

SAMARINDA – Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak meminta dukungan Kementerian Agama (Kemenag) untuk peningkatan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Permohonan peningkatan status perguruan tinggi bidang Agama Islam di Kaltim  itu, disampaikan Gubernur Awang Faroek Ishak dalam peresmian kampus II  IAIN di kawasan Samarinda Seberang.

“Kalau sangat berharap IAIN Samarinda segera ditingkatkan statusnya menjadi UIN (Universitas Islam Negeri). Saya mohon dukungan Bapak Sekjen Kemenag Nur Syam untuk perubahan status itu, karena persyaratannya sudah lengkap,” kata Awang Faroek Ishak.

Menurut dia, perubahan atau peningkatan status itu diharapkan akan mampu mewujudkan IAIN Samarinda menjadi perguruan tinggi Islam berkelas dunia. Perguruan tinggi ini selain kebanggaan umat dan masyarakat Kaltim. Keberadaannya sangat penting dan strategis mendukung terciptanya para ulama dan cendikiawan Islam di daerah.

Pemprov Kaltim mendukung penuh pembangunan kampus IAIN. Kampus ini memang sudah seharusnya bisa diwujudkan seiring dengan meningkatnya tuntutan kegiatan belajar mengajar.

Sementara itu Rektor IAIN Samarinda H Mukhammad Ilyasin mengungkapkan status perguruan tinggi ini baru saja bertransformasi dari semula Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) berubah menjadi IAIN.

“Kampus ini berdiri di lahan seluas 14,2 hektare yang merupakan hibah Pemprov Kaltim. Dimanfaatkan membangun gedung rektorat, masjid, semenisasi jalan kampus dan student centre yang diusahakan dapat direalisasikan pembangunannya tahun ini,” ujar Mukhammad Ilyasin.

Ditambahkan, kampus IAIN ini akan dilengkapi dengan perpustakaan online yang refresentatif, sehingga menjadi rujukan mahasiswa, akademisi dan masyarakat.

Peresmian penggunaan Kampus II IAIN Samarinda dirangkai peresmian Kantor BAZNAS dan Kantor MUI  Kaltim. Groundbreaking Madrasah Bertaraf Internasional di lokasi eks Islamic Center Subulussalam Jalan Pangeran Suryanata Samarinda.

Peresmian dan groundbreaking dilakukan Gubernur Awang Faroek Ishak dan disaksikan Sekretaris Sekjen Kementerian Agama Nur Syam.

Tampak hadir Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Ketua DPRD HM Syahrun dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kaltim. Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail, Kepala Kanwil Kementerian Agama H Saifi Jamri.

Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, Ketua BAZNAS dan MUI Kaltim. Dosen, mahasiswa dan civitas akademika IAIN Samarinda.. Tokoh dan pemuka agama serta pimpinan organisasi keagamaan. (yans/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation