Awang: Wadah untuk Pemersatu Warga
Syukuran Penggunaan Gedung Budaya Banjar
 
SAMARINDA – Terhadap rampungnya pembangunaan Gedung Budaya Banjar maka masyarakat suku atau warga Banjar Kaltim telah memiliki sekretariat Badan Pengurus Provinsi (BPP) Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltim (KBBKT).
“Saya berharap agar Gedung Budaya Banjar ini tidak saja berfungsi sebagai tempat kegiatan organisasi sehari-hari, tetapi lebih pada sebagai wadah pemersatu warga dan meningkatkan peran warga Banjar dalam pembangunan,” harap Gubernur Awang Fareok Ishak pada syukuran penggunaan Gedung Budaya Banjar di Samarinda, Ahad petang (28/7).
Sebab lanjut Awang, pemerintah daerah telah berkomitmen untuk meningkatkan peranan serta memberdayakan masyarakat dalam pembangunan. Sehingga, tidak ada lagi masyarakat yang tidak berperan dan terlibat dalam memajukan daerah ini.
Terlebih dalam upaya pemerintah untuk pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentunya berbagai program telah ditetapkan pemerintah tanpa memandang asal dan suku bangsa serta agama.
Karena, pembangunan tidak akan sukses tanpa adanya dukungan penuh dan keterlibatan masyarakat didalamnya. Apalagi, suku Banjar termasuk masyarakat suku asli Kaltim, maka peran serta keterlibatnnya dalam pembangunan sangat diperlukan.
“Saya rasa orang Banjar harus ikut dan masuk di segala lini serta sektor pembangunan termasuk politik maupun pertahanan dan keamanan untuk menjadi TNI/Polri maupun anggota legislatif dan pejabat di pemerintahan,” ungkap Awang Faroek.
Sementara itu Ketua Umum BPP KBBKT yang juga Sekprov Kaltim yang kini Pj Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie menyebutkan Gedung Budaya Banjar dibangun dengan bangunan empat lantai dengan lama pelaksanaan selama satu tahun dengan nilai kontrak pembangunan sebesar Rp2,8 miliar.
“Rampungnya pembangunan gedung sekretariat BPP KBBKT ini atas dukungan Pemprov Kaltim serta swadaya donator dan masyarakat warga Banjar. Diharapkan tanah lokasi pembangunan ini dihibahkan pemerintah daerah kepada KBBKT,” ujar Irianto Lambrie.
Hadir dalam syukuran penggunaan Gedung Budaya Banjar di Jalan M Yamin Samarinda yakni Wakil Gubernur H Farid Wadjdy serta Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail serta mantan Ketua KBBKT Rusdi Banjar dan mantan Walikota Balikpapan H Imdaad Hamid serta kepala SKPD lingkup Pemprov Kaltim.(yans/hmsprov)
 
//Foto: BUBUHAN BANJAR. Ustadz H Mansyur menyampaikan tausiyah. Duduk, dari kanan, Sekprov Irianto Lambrie, Gubernur Awang Faroek , Wagub Farid Wadjdy dan H Imdaad Hamid. (fadli/humasprov kaltim).
 
 
Berita Terkait