BAD Sosialisasikan Sadar Arsip

 

SAMARINDA - Masih lemahnya  kesadaran pengelola arsip baik di lingkungan SKPD, organisasi maupun masyarakat terkait pentingnya sadar arsip, Badan Arsip Daerah (BAD) Kaltim melaksanakan sosialisasi.

Kepala Badan Arsip Daerah (BAD) Pronvinsi Kaltim Ardiansyah  mengatakan, salah satu program BAD adalah melakukan sosialisasi pentingnya sadar arsip, khususnya pada satuan kerja perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim maupun kepada lembaga kearsipan daerah serta kepada masyarakat.

"Sosialisasi pentingnya sadar arsip sudah  dilaksanakan, baik itu kepada SKPD, lembaga kearsipan daerah maupun kepada masyarakat melalui media cetak maupun via internet. Harapannya di Kaltim ada kesadaran akan pentingnya sadar arsip," kata Ardiansyah, Selasa (25/10). 

Pelaksanaan sosialisasi sadar arsip, lanjut Ardianyah sudah berjalan walaupun bertahap. Diharapkan melalui sosialisasi bisa menambah jumlah arsiprasis yang berasal dari SKPD dan bisa kembali ke SKPD yang bersangkutan, sehingga penataan maupun pengelolaan arsip dinamis yang ada di SKPD akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Ardiansyah, arsiparis (pengelola arsip)  memegang peran penting bagi keberhasilan penyelenggaran jalannya roda organisasi  pemerintahan. Tetapi tidak semua pagawai  mampu menekuni jabatan tersebut, karena pekerjaan  itu dianggap tidak menarik, sehingga jumlah arsiparis bila dibandingkan dengan jumlah SKPD tentu jauh dari harapan, bahkan ada SKPD yang tidak mempunyai arsiparis.

"Terkait masih kurangnya arsiparis di Kaltim, kita terus menerus  melakukan sosialisasi dan  melakukan pendidkan dan pelatihan (diklat) dalam upaya untuk menambah arsiparis, sehingga pengelolaan arsip di SKPD maupun lembaga dapat berjalan dengan baik," kata Ardiansyah. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait