Badan Arsip Kaltim Masuk Lima Besar

Lomba Lembaga Arisp Tingkat Provinsi

SAMARINDA-Kepala Badan Arsip Daerah Kaltim Mariansyah mengatakan  Badan Arsip Kaltim berhasil masuk lima besar dalam lomba arsip tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Badan Kearsipan Nasional.

"Lembaga Arsip Nasional  membagi lomba  perwilayah, yaitu wilayah barat, tangah dan timur. Masing-masing wilayah  dari 33 provinsi nantinya akan  diambil masing-masing lima provinsi. Untuk wilayah timur,  Badan Arsip Daerah Provinsi Kaltim  berhasil masuk ke dalam lima besar," kata Mariansyah.

Penilaian selanjutnya akan dilakukan di Jakarta untuk menentukan juara pada 14- 18 Agustus. Ditambahkan, berkaitan  dengan  lomba arsip tersebut, maka  semua arsiparis teladan maupun kepala LKD tingkat provinsi yang masuk lima besar menjadi peserta pada peringatan  Hari Proklamasi RI di Istana Negara tanggal 17 Agustus mendatang.

"Oleh karena itu, berhasilnya Badan Arsip Daerah Kaltim masuk lima besar merupakan suatu anugerah, karena berhasil menyisihkan  puluhan Badan Arsip Daerah  Provinsi lainnya," bangga Mariansyah. 

Mariansyah berharap, Badan Arsip Daerah Kaltim  bisa menjadi yang terbaik dalam penyelenggaran lomba arsip tingkat provinsi tersebut. Namun untuk mencapai prestasi terbaik itu, diperlukan dukungan seluruh stakeholders, semua SKPD, lembaga kearsipan kabupaten/kota dan seluruh masyarakat Kaltim. 

Selain itu lanjut Mariansyah, dalam upaya peningkatan SDM para arsiparis lembaga arsip di daerah, Badan Arsip Daerah Kaltim terus eksis melakukan  pembinaan  dan bimbingan teknis pengelolaan arsip di lingkungan lembaga kearsipan daerah Provinsi Kaltim maupun kabupaten/kota

"Kegiatan peningkatan SDM melalui pembinaan maupun  bimbingan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan dan wajib diikuti oleh lembaga kearsipan di  daerah.  Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas mutu,  baik secara kelembagaan dan sumber daya aparatur pemerintah khususnya di bidang kearsipan," paparnya.

Ditambahkan, bercermin dari kenyataan saat ini, sudah saatnya setiap instansi pemerintah harus segera membenahi dan membekali aparaturnya dengan kompetensi dan keilmuan yang cukup dan mumpuni untuk memikul tanggung jawab yang diamanatkan oleh undang-undang. 

"Karena itu, dengan dilaksanakannya berbagai  kegiatan diharapkan kepada seluruh arsiparis untuk terus  meningkatkan keilmuan dan kemampuan serta kompetensi, baik individu maupun kelompok yang nantinya dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kuantitas dan kualitas pengelolaan arsip,  baik tingkat keamanan maupun dari segi pengelolaan dan pelayanan kearsipan," paparnya. (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait