Badan Arsip Terus Berbenah

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat  

SAMARINDA - Badan Arsip Kaltim terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan pelayanan publik. Tujuannya agar pelayanan arsip bagi masyarakat bisa diberikan lebih mudah.    
"Pembenahan ini juga salah satu-satu syarat untuk mendapat akreditasi secara nasional bidang pelayanan. Sehingga banyak yang harus dibenahi mulai renovasi kantor hingga perbaikan pagar halaman," kata  Kepala Badan Arsip Daerah Kaltim, Mariansyah didampingi Kepala Bidang Pelayanan Hj Hasna, Selasa (8/10).   
Saat ini penataan gedung arsip telah dilakukan dengan baik, mulai parkir hingga ruang demi ruang sampai klinik kesehatan, hingga ruang studio untuk melihat langsung sejarah perjalanan pembangunan Kaltim.      
"Nantinya anak-anak sekolah yang melakukan studi tour ke Badan Arsip bisa melihat langsung sejarah Kaltim melalui audio visual yang kini masih dipersiapkan," ungkapnya.    
Peran kearsipan lanjut Mariansyah, semakin strategis, terutama untuk memberi pelayanan informasi kepada masyarakat. Diharapkan, dengan adanya  renovasi kantor, kearsipan mampu terkelola dengan lebih baik, untuk mendorong perwujudan masyarakat sadar arsip.  
"Kami berharap dengan kondisi kantor yang bertambah megah, mampu  mengubah paradigma yang selama ini berkembang di masyarakat bahwa arsip itu merupakan kumpulan kertas yang kumuh," ujarnya.   
Dijelaskan, arsip yang tercipta harus dapat menjadi sumber informasi, acuan, dan bahan pembelajaran masyarakat, bangsa dan Negara untuk menghasilkan bahan yang sistemik, autentik, terpercaya, serta mampu mengidentifikasi keberadaan arsip yang memiliki keterkaitan informasi sebagai suatu keutuhan informasi pada semua organisasi kearsipan.  
Selain itu, penyelenggaraan kearsipan secara baik dan benar, akan membantu  ketersediaan data organisasi sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Arsip atau dokumen yang tertata dengan baik akan memudahkan penemuan kembali arsip  sebagai bahan perencanaan untuk pengambilan keputusan. (sar/hmsprov).

////FOTO : Gedung Arsip Kaltim yang sedang dibenahi.(sarjono/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait