Badan Perpustakaan Gelar Lomba Bercerita


SAMARINDA – Dalam menumbuhkembangkan budaya gemar membaca serta menanamkan cinta kebudayaan dan membangun karakter dan kecerdasan anak.

Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim menggelar Lomba Bercerita bagi siswa sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) tingkat prvinsi Kaltim.

Menurut Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Ardiningsih, lomba ini sangat penting selain mengembangkan kegemaran membaca juga membangun rasa menghargai kebudayaan.

“Kegiatan ini melombakan cerita-cerita rakyat dari daerah peserta, sehingga terbangun rasa menghargai dan menghormati perbedaan suku, budaya, seni dan tutur bahasa,” katanya saat membuka Lomba Bercerita di Ruang Balai Pustaka, Kamis (9/6).

Selain itu, lomba diharapkan mampu mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai kepahlawanan dan legenda (karakter).

Ardiningsih meyakini kesungguhan semua pihak khususnya badan perpustakaan, guru pembimbing maupun orang tua akan menghasilkan juara lomba bercerita di tingkat nasional.

“Anak kita pernah meraih juara pertama tingkat nasional pada 2013 dan prestasi ini harus kita perjuangkan untuk diraih kembali denga kesungguhan semua pihak,” harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Emiliana menyebutkan lomba bercerita kali ini diikuti tujuh peserta  mewakili tujuh daerah di Kaltim.

“Sasaran lomba ini menghasilkan juara satu, dua dan tiga serta harapan. Sedangkan juara satu akan mewakili Kaltim pada ajang lomba bercerita tingkat nasional,” ujar Emiliana.

Tujuh daerah yang mengirimkan wakilnya yakni Samarinda, Balikpapan, Bontang,  Penajam Paser Utara, Berau, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur.(yans/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation